Fungsi Sistem Operasi Jaringan Komputer, Penting Diketahui

Fungsi Sistem Operasi Jaringan Komputer, Penting Diketahui
Ilustrasi komputer. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/gyn9037
JABAR | 3 Juni 2020 19:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Di era digital saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan teknologi seperti laptop atau komputer untuk membantu menyelesaikan tugas pekerjaan, tugas sekolah, atau hal lainnya. Di dalam komputer terdapat macam-macam sistem operasi komputer yang akan membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan agar lebih cepat dan mudah.

Dalam hal ini sistem operasi jaringan dibutuhkan untuk mengelola aliran data antara workstation dan server. Hal ini pula agar workstation dapat bekerja dengan drive pada perangkat yang terpasang pada jaringan, misalnya printer yang tidak secara fisik terhubung ke workstation atau komputer client.

Maka dari itu penting untuk adanya sistem operasi jaringan pada setiap komputer. Lebih lanjut berikut ini ada fungsi sistem operasi jaringan komputer, penting diketahui telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Pengertian Sistem Operasi Jaringan Menurut Para Ahli

Sebelum membahas mengenai fungsi sistem operasi jaringan pada komputer ada baiknya terlebih dahulu mengetahui pengertian dari sistem operasi jaringan itu sendiri agar lebih memudahkan dalam proses memahami fungsinya. Berikut ini pengertian sistem operasi menurut para ahli:
1. Menurut M. Suyanto
Sistem operasi adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen perangkat lunak atau software yang memiliki fungsi untuk mengontrol seluruh aktivitas yang sudah dilakukan komputer.

Dari pengertian sistem operasi di atas, bisa kita simpulkan bahwa sistem operasi pada intinya adalah perangkat lunak yang punya tugas mengatur dan mengontrol cara beroperasinya sebuah perangkat bisa komputer, smartphone dan lainnya.


2. Menurut Mc Leod (PEARSON)
Sistem operasi adalah program-program komputer yang mengendalikan sumber daya piranti keras dan piranti lunak pada komputer.


3. Menurut Iim Rusyamsi
Sistem operasi adalah perangkat lunak yang memiliki tugas mengontrol dan mengatur perangkat keras sekaligus operasi dasar sistem lainnya termasuk untuk menjalankan program aplikasi.

3 dari 4 halaman

Sistem Operasi Jaringan yang Umum Digunakan

ilustrasi windows blue©2012 Merdeka.com

Sistem operasi oleh jaringan client atau server yang umum digunakan oleh para pengguna komputer adalah Windows NT Server Family (Windows Server 2000 dan 2003), Novel Netware, dan berbagai sistem operasi berbasis UNIX/LINUX.

Untuk Windows 98, Windows 2000 Professional, Windows XP Professional, dan juga Windows NT Workstation tidak lagi digunakan oleh server, tetapi dapat juga digunakan untuk menyediakan sumber daya untuk jaringan, seperti dapat mengakses file dan printer.


Karakteristik Sistem Operasi Jaringan
1. Pusat kendali sumber daya jaringan
2. Akses aman ke sebuah jaringan
3. Mengizinkan remote user terkoneksi ke jaringan
4. Mengizinkan user terkoneksi ke jaringan lain (misal: Internet)
5. Backup data dan memastikan data tersebut tersedia.

4 dari 4 halaman

Fungsi Sistem Jaringan Komputer

1. Fungsi sistem operasi jaringan sebagai server harus mampu melakukan kontrol sarana sumber daya jaringan agar dapat digunakan secara bersama. Seperti menjaga sumber daya dan direktori jaringan, pengelolaan permintaan akses remote ke sistem file dan database, manajemen antrian permintaan (query) bagi pengguna jarak jauh untuk perangkat periferal.
2. Melayani permintaan klien untuk mengakses aplikasi dan sumber daya jaringan. Sistem operasi ini mengarahkan permintaan untuk sumber daya jaringan dari aplikasi remote dan pengguna.
3. Sebagai sarana komunikasi artinya melayani pertukaran pesan pada jaringan. Pada sisi server menangani dan menyediakan routing, buffering pesan, mengirim pesan melalui jaringan, dan keandalan transmisi, dan lain-lain.
4. Fungsi sistem operasi jaringan sebagai networking basics yang dapat membedakan beberapa bagian pada unit-unit komputer dalam jaringan.
5. Fungsi sistem operasi jaringan sebagai kontrol sumber daya lokal komputer, meliputi fungsi proses dan distribusi antar memori, proses perencanaan dan penjadwalan, prosesor manajemen dalam mesin multiprosesor, kontrol peripheral, dan proses fungsi manajemen sumber daya lainnya dari OS lokal.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini