Impulsif Adalah Perilaku Bertindak Tanpa Berpikir, Begini Cara Mengontrolnya

Impulsif Adalah Perilaku Bertindak Tanpa Berpikir, Begini Cara Mengontrolnya
Ilustrasi marah ketika berkendara. ©2016 Merdeka.com
JABAR | 14 Desember 2020 16:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Impulsif adalah perilaku yang cenderung untuk bertindak tanpa berpikir. Kondisi ini mungkin pernah Anda temui atau bahkan Anda alami sendiri. Misalnya ketika Anda mengucapkan sesuatu, membeli sesuatu yang tidak Anda rencanakan atau lari ke seberang jalan tanpa melihat. Impulsif adalah perilaku yang sering dikaitkan dengan hasil yang tidak diinginkan.

Melansir dari healthline.com, perilaku seperti ini biasa terjadi, terutama pada anak-anak atau remaja dan belum tentu merupakan tanda adanya masalah. Biasanya mereka bertindak impulsif karena otak mereka masih berkembang. Tetapi dalam beberapa kasus, perilaku ini bisa menjadi bagian dari kondisi tertentu.

Perilaku impulsif lebih sering memberikan dampak yang tidak baik. Dari membuat keputusan yang terburu-buru hingga pertengkaran, perilaku impulsif dapat merugikan diri sendiri dan orang di sekitar. Selain dapat merusak hubungan dan perasaan sejahtera seseorang, perilaku impulsif juga dapat menyebabkan kerugian finansial dan bahkan bisa sampai ke ranah hukum jika dibiarkan.

Namun perlu diingat bahwa perilaku impulsif bukanlah suatu gangguan. Siapa pun pasti pernah berperilaku impulsif. Tapi terkadang, perilaku impulsif merupakan bagian dari gangguan kontrol impuls atau gangguan kesehatan mental lainnya.

Baca Selanjutnya: Gejala dan Contoh Perilaku Impulsif...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami