Jabar Bersiap Terapkan Jam Malam, Ini Prioritas Wilayah Menurut Ridwan Kamil

Jabar Bersiap Terapkan Jam Malam, Ini Prioritas Wilayah Menurut Ridwan Kamil
JABAR | 8 April 2020 13:00 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali menerapkan kebijakan baru untuk menghentikan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Pada Selasa (7/04), gubernur yang akrab dipanggil Kang Emil tersebut meresmikan kebijakan jam malam di wilayah Jawa Barat. Kebijakan tersebut merupakan upaya pendisiplinan penerapan Physical Distancing.

Menurut Kang Emil, adanya jam malam akan lebih meningkatkan kewaspadaan masyarakat, sehingga mereka akan lebih banyak berada di dalam rumah sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19 di wilayahnya.

"Kita menyepakati agar merencanakan jam malam. Kami mengarahkan kepada kabupaten/kota untuk segera melakukan upaya perlakuan jam malam, bagian dari proses mendisiplinkan dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Jabar," ujar Emil dalam keterangan tertulisnya, Senin lalu (6/4) via Liputan6.

1 dari 5 halaman

Sudah Koordinasi dengan Kapolda Jabar

kabid humas polda jabar

Polda Jabar Liputan6 2020 Merdeka.com

Dalam keterangan tersebut, Kang Emil juga telah berkoordinasi dengan Kapolda Jabar agar bisa sama-sama memantau efektivitas serangkaian Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) termasuk jam malam ini. Ia menambahkan jika kegiatan jam malam di wilayah Jabar telah disetujui oleh pihak Kapolda Jabar.

"Tadi sudah disetujui oleh Pak Kapolda, asal berkoordinasi dengan kepolisian di bawah Polda," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Menunggu Hasil Tes Cepat (Rapid Test)

rapid test di bogor

Rapid Test di Bogor 2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Kang Emil juga menjelaskan bahwa pihaknya akan menunggu hasil dari tes massal yang telah dilakukan pada minggu akhir Maret dan awal April ini sebagai pertimbangan pola sebaran baru yang masih memungkinkan terjadi.

Menurutnya data dari hasil tes massal inilah yang akan digunakan sebagai prioritas utama pelaksanaan jam malam di wilayah Jawa Barat.

"Saya imbau kepala daerah untuk mengecek ke dinas kesehatan masing-masing, melaporkan ke Pemprov Jabar secepatnya. Semakin cepat data itu masuk, semakin mudah kita memetakan," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Koordinasi dengan Pemerintah Pusat

ridwan kamil

Koordinasi Covid Ridwan Kamil

Liputan6 2020 Merdeka.com

Untuk menerapkan kebijakan jam malam tersebut, pihak Pemprov Jabar juga akan mengajukan kebijakan PSBB dan jam malam kepada pemerintah pusat agar sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat sebagai pemantau utama.

"Kalau datanya tidak lengkap, kita susah melengkapi argumentasi PSBB kepada pemerintah pusat," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Prioritas Wilayah

Kang Emil juga telah membocorkan wilayah mana saja yang akan menjadi prioritas penerapan PSBB dan jam malam. Menurut Gubernur kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 itu, Ia menekankan penerapan kebijakan PSBB dan jam malam akan dilakukan di wilayah-wilayah penyangga Ibu Kota.

Menurutnya, wilayah-wilayah tersebut akan lebih memungkinkan untuk diterapkan jam malam terlebih dahulu mengingat wilayah tersebut merupakan kawasan zona merah Covid-19.

"Urusan PSBB, (Pemprov Jabar) mendahulukan (daerah) yang nempel Jakarta dulu, karena apa pun yang Jakarta lakukan kita harus satu frekuensi. Dalam satu aglomerasi penyebaran itu harus satu keputusan," ungkapnya.

5 dari 5 halaman

Wilayah BODEBEK (Bogor, Depok, Bekasi)

Dilansir dari Liputan6, Kang Emil menambahkan jika banyak kasus positif terjadi di kawasan Jabodetabek, ditambah wilayah Bandung Raya. Ia menilai jika hal tersebut menguatkan indikasi bahwa pola penyebaran Covid-19 bersifat urbanitas alias berada di wilayah kota besar dengan beragam penduduk.

"Maka usul saya tetapkan saja apa yang sudah ditetapkan di DKI Jakarta kepada kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok. Semakin ke kota semakin banyak. Semakin kabupaten semakin sedikit kasusnya," tuturnya.

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5