Kepanjangan SPG, Tugas, Syarat, Beserta Kisaran Gajinya yang Perlu Diketahui

Kepanjangan SPG, Tugas, Syarat, Beserta Kisaran Gajinya yang Perlu Diketahui
SPG APEC. ©2013 Merdeka.com/lauren
JABAR | 20 Februari 2022 14:30 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - SPG menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati di Indonesia dengan lapangan kerja yang cukup luas. Kepanjangan SPG adalah Sales Promotion Girl, suatu profesi yang bergerak dalam pemasaran dan promosi produk.

Seperti kepanjangan SPG, pekerjaan ini dilakukan oleh perempuan yang pada umumnya memiliki karakter fisik yang menarik sebagai usaha untuk menarik perhatian konsumen.

Meski demikian, kebutuhan akan SPG tetap disesuaikan dengan citra brand yang akan dipromosikan. Sebab SPG lah nantinya yang akan berhadapan langsung dengan konsumen.

Lantas apa sebenarnya tugas-tugas SPG, syaratnya, dan besaran gajinya? Berikut merdeka.com rangkum selengkapnya di bawah ini:

2 dari 3 halaman

Kepanjangan SPG, SPB, dan Tugasnya

Selain kepanjangan SPG yang berarti Sales Promotion Girl, adapun kepanjangan profesi sejenis namun dengan jenis kelamin laki-laki, yaitu SPB atau singkatan dari Sales Promotion Boy.

Tak hanya penampilan yang penting dalam bidang pekerjaan SPG maupun SPB, sales promotion juga mesti memiliki tutur kata, pengetahuan dan memberikan pelayanan yang baik agar meningkatkan citra positif brand untuk konsumen. Berikut beberapa tugas SPG maupun SPB:

Mempromosikan Produk

Tugas paling umum SPG, yaitu mempromosikan produk yang ditugaskan pada mereka. Promosi ini lebih bersifat interaktif sehingga seringnya tugas promosi ini langsung di lapangan dan melakukan jemput bola terhadap konsumen.

Skill yang dibutuhkan tentu saja kecakapan berkomunikasi dalam menawarkan produk untuk menarik konsumen. Promosi juga kadang mencakup menyebarkan free sample, dan mengelola sampel tester yang berada di berbagai toko.

Mendeskripsikan Produk ke Konsumen

Pernahkah Anda pergi ke mall di bagian penjualan make up dan mendapati seorang penjaga perempuan yang menjelaskan berbagai produk ke Anda? Ya itulah SPG. Tugas SPG selanjutnya yaitu menjelaskan produk yang mereka jual selengkap mungkin ke konsumen.

Pentingnya SPG yang tergantikan adalah, SPG bisa lebih memahami produk mana yang kira-kira dibutuhkan atau cocok dengan yang dicari konsumen.

Pada saat mendeskripsikan produk, penting bagi SPG untuk seramah mungkin sehingga konsumen nyaman untuk memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

Selling

Meski selling atau menjual bukan hal wajib bagi SPG, karena tugas utama SPG adalah promosi. Namun, alur dari promosi produk adalah setelah konsumen tertarik, SPG bisa menjadi jalan untuk langkah selanjutnya, yaitu penjualan.

Sehingga bergantung dari peraturan perusahaan, tanggung jawab SPG bisa hanya berhenti di promosi, maupun berlanjut ke selling.

Mengecek Persediaan Stok Produk

Tugas SPG selanjutnya terutama yang ditugaskan di toko-toko cabang yaitu mengecek ketersediaan produk. Ini penting sekali terutama karena menjamin keberlanjutan konsumen untuk terus datang.

Jika konsumen mendapati produk sering habis, ini dapat menyebabkan konsumen akan berhenti berlangganan.

Mencatat Penjualan

Tugas SPG berikutnya, yaitu mencatat berapa produk yang telah terjual. Catatan harian ini umumnya berisi tentang jenis produk apa yang terjual, berapa jumlahnya, dan total uang hasil penjualan.

Perusahaan akan menyediakan format tertentu untuk memudahkan SPG dalam pencatatan.

Menjaga Kepercayaan Konsumen

Karena tugas SPG langsung berhadapan dan berinteraksi dengan konsumen, penting untuk terus bisa menjaga kepercayaan konsumen terutama yang sudah menjadi konsumen tetap.

Sebab semakin meningkatkan pesaing, konsumen akan mudah berpindah ke yang lain jika ada penurunan kualitas produk maupun pelayanan.

3 dari 3 halaman

Syarat Menjadi SPG

Syarat menjadi SPG sebenarnya bergantung dari kebutuhan perusahaan dan sasaran pasar. Namun, berikut syarat-syarat menjadi SPG secara umum jika Anda tertarik melamar:

1. Minimal lulusan SMA/SMK/D3 atau sekolah yang sederajat

2. Perempuan minimal berusia 19 tahun

3. Memiliki tinggi badan minimal 155 dengan berat badan proposional

4. Berpenampilan menarik sesuai dengan kebutuhan perusahaan

5. Memiliki skill komunikasi yang baik, efektif, percaya diri, dan mampu menjelaskan produk dengan bahasa yang mudah dipahami

6. Mampu beradaptasi di berbagai tempat dan situasi

7. Biasanya mampu bekerja sesuai dengan target yang telah diberikan

8. Cekatan dan profesional serta memiliki body language yang menarik

Kisaran Gaji SPG

Kisaran gaji SPG umumnya yaitu berpatokan pada UMR di masing-masing daerah. Selain itu bergantung dari jam kerja pula, kisaran gaji SPG juga fleksibel jika memang pekerjaannya lebih dari 8 jam.

Kisaran gaji SPG juga bergantung dari apakah kontraknya harian maupun sebagai karyawan biasa. Jika harian umumnya pembayarannya berpatokan pada kesepakatan kedua belah pihak, yakni sekitar Rp500.000 hingga Rp1.000.000 seperti yang dilansir dari mobifrance.com.

(mdk/amd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami