Khasiat Minum Air Putih saat Buka Puasa, Bantu Cegah Dehidrasi

Khasiat Minum Air Putih saat Buka Puasa, Bantu Cegah Dehidrasi
Ilustrasi minum air putih. shutterstock
JABAR | 31 Maret 2022 20:25 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Khasiat minum air putih saat buka puasa baik bagi tubuh. Air minum merupakan salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan manusia, terutama di bidang kesehatan. Tanpa meminum air secara teratur, tubuh manusia akan mengalami dehidrasi.

Tidak hanya itu, tubuh manusia juga dapat dengan mudah diserang oleh penyakit-penyakit lainnya yang disebabkan oleh kekurangan cairan dalam tubuh. Setiap harinya manusia secara alami kehilangan cairan tubuh, kondisi tersebut semakin terasa saat sedang berpuasa.

Keluarnya cairan tubuh ini diketahui sebagai proses alami eksresi terhadap zat-zat yang memang harus dikeluarkan dari tubuh seperti amonia dan atau menjaga kestabilan suhu. Maka dari itu penting saat berbuka puasa minum air putih terlebih dahulu untuk mencegah dehidrasi.

Tak hanya dapat mengatasi dehidrasi,khasiat minum air putih saat buka puasa juga memiliki banyak manfaat lainnya. Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai khasiat minum air putih saat buka puasa, bantu cegah dehidrasi telah dirangkum merdeka.com melalui healthline dan berbagai sumber

2 dari 3 halaman

1. Melembapkan Mukosa

Khasiat minum air putih saat buka puasa yang pertama adalah dapat melembapkan mukosa. tepatnya pada bagian mulut, hidung, serta mata. Perlu kamu ketahui bahwa ketika sedang bernapas, terdapat kandungan air dalam udara.

Itulah mengapa, tidak heran jika pada area dalam hidung akan basah. Serta bagian mulut normalnya juga akan basah, sebab ada air liurnya. Maka, juga tidak mengherankan apabila saat sedang puasa, bagian mukosa di mulut akan terasa kering.

2. Cegah Kontipasi

Selain masalah kekurangan serat, masalah konstipasi juga erat kaitannya dengan khasiat minum air putih saat buka puasa yang berperan dalam proses pencernaan. Pasalnya, sebelum dibuang menjadi kotoran, air akan diabsorbsi oleh tubuh.

Sehingga, jika kamu kurang minum, kemampuan absorbsi di dalam tubuh terutama bagian usus besar juga akan berkurang. Hal ini tentu akan berakibat pada konsistensi kotoran yang juga akan jadi lebih keras serta semakin sulit untuk BAB.

3. Mencegah Dehidrasi

Pada saat puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi, karena kekurangan cairan pada tubuh. Khasiat minum air putih saat buka puasa, bisa membantu tubuh agar tidak dehidrasi.

Mengonsumsi air putih diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Biasakanlah mengonsumsi air putih terlebih yang hangat, pada saat keadaan perut kosong, untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan mencegah terserang penyakit.

3 dari 3 halaman

4. Membantu Tubuh Lebih Berenergi

Menjalankan ibadah puasa bagi seseorang terkadang membuat tubuh lemas dan tidak semangat berenergi. Khasiat minum air putih saat buka puasa dapat membantu membuat tubuh berenergi dan tentunya tubuh tidak akan mudah lelah.

5. Buang Sisa Metabolisme

Khasiat minum air putih saat buka puasa dapat membuang sisa metabolisme. Dalam hal ini darah memiliki fungsi membawa air, membuang sisa metabolisme, serta membantu proses biokimia. Proses biokimia di dalam tubuh manusia berguna untuk mencerna karbohidrat, protein, lemak.

Seluruh hal tersebut membutuhkan air sebagai buffer. Sebab, tanpa adanya bantuan air, maka tubuh tidak dapat memetabolisme zat-zat tersebut. Lantas apa dampaknya? Tentu saja hal tersebut bisa mengganggu kerja dari metabolisme pada tubuh, dan tentu saja hal ini bisa menimbulkan banyak masalah.

(mdk/nof)

Baca juga:
Cara Menghilangkan Garam Berlebih dari Tubuh, Cegah Hipertensi dan Gangguan Ginjal
Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan, Berikut Penjelasannya
Butuh Edukasi dan Literasi Kesehatan agar Hidup Sehat jadi Lifestyle di Era Pandemi
Cara Hidup Sehat Alami dengan Mudah, Cukupi Hidrasi hingga Berhenti Merokok
Cara Memulai Hidup Sehat yang Bisa Dipraktikkan, Salah Satunya Rutin Olahraga

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami