Kisah Inspiratif Warga Depok Tampung Sampah dari Warga, Dikelola untuk Bantu Sesama

Kisah Inspiratif Warga Depok Tampung Sampah dari Warga, Dikelola untuk Bantu Sesama
Warga Depok kelola sampah anorganik. ©2022 YouTube Liputan6 SCTV/ Merdeka.com
JABAR | 17 Mei 2022 14:23 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Siapa sangka, sampah yang tak terpakai bisa menjadi barang berharga bagi orang lain. Ungkapan ini seakan cocok dengan kegiatan yang dijalankan oleh salah satu warga Depok, Jawa Barat Bernama Denny Pondiu. Ia membuka jasa pengumpulan sampah dan mengelolanya untuk membantu sesama.

Berawal dari kegiatan berbagi pakaian bekas beberapa tahun ke belakang, Denny kemudian mendirikan Jaga Tera untuk memilah sampah anorganik yang masih layak untuk difungsikan kembali. Menurut Denny, barang-barang tersebut bisa 'diperpanjang' umurnya dan kembali dipakai oleh kalangan yang membutuhkan.

"Ini memperpanjang umur dari barang yang masuk ke kita, setidaknya itu bisa lebih bermanfaat buat orang lain," kata Denny, mengutip YouTube Liputan6 SCTV, Selasa (17/5).

2 dari 5 halaman

Agar Sampah Tak Banyak Berakhir di TPA

warga depok kelola sampah anorganik

©2022 YouTube Liputan6 SCTV/ Merdeka.com

Dikatakannya, bahwa ia bersama tim di Jaga Tera ingin mengurangi sampah atau barang anorganik sehingga tak banyak berakhir di tempat pembuangan sampah.

Melansir dari laman jagatera.id, sampah yang dikumpulkan dari para donatur yang menghubungi Denny, pertama-tama akan disortir dengan cara dibersihkan, diperbaiki, atau dikreasikan.

Untuk barang atau alat dari sampah yang terkumpul dengan keadaan yang tidak layak akan kembali dihancurkan sesuai prosedur menggunakan incinerator yang ramah lingkungan.

Kemudian barang tersebut akan dimanfaatkan untuk perusahaan, dan 30% keuntungan digunakan untuk kegiatan sosial. Diberikan langsung kepada penerima manfaat bagi yang masih layak pakai.

3 dari 5 halaman

Penyerahan Barang Sesuai Survei

Adapun penyerahan barang kepada warga yang membutuhkan berdasarkan survei dari timnya, kemudian diinfokan ke manajemen.

"Jadi tim kita dulu yang turun, setelah mereka survei, baru mereka infoin ke manajemen. Ternyata di sana ada saudara kita yang dia butuhnya kasur, ada yang pengennya lemari dan lain-lain," katanya. 

Berbekal database para donatur sebelumnya, Denny juga menawarkan jasa angkut berbagai jenis sampah berbayar yang ia datangi ke rumah. Di sana ia akan membawa kendaraan pikap untuk membawa sampah atau barang yang tak terpakai.

4 dari 5 halaman

Membantu Warga yang Ingin Menyumbang Barang Tak Terpakai

Untuk mempermudah masyarakat yang ingin menyumbangkan barang tak terpakai atau sampah anorganiknya, Denny bersama tim juga membuka layanan lantatur (drive thru) di pinggir jalan strategis, sekitar Jabodetabek.

Salah seorang penyumbang bernama Januar, merasa terbantu akan kegiatan yang dilakukan oleh Denny. Menurutnya, masyarakat yang ingin menyerahkan barang layak ke warga yang membutuhkan bisa terbantu untuk menyerahkan barang ke pihak yang tepat.

"Saya pribadi, kawan-kawan Jaga Tera ini mungkin lebih tepat pakaian-pakaian yang masih layak pakai, sebagian orang mungkin bilangnya sampah ya," kata Januar. 

5 dari 5 halaman

Bermimpi Punya Toko Barang Tak Terpakai

warga depok kelola sampah anorganik

©2022 YouTube Liputan6 SCTV/ Merdeka.com

Walaupun saat ini kegiatan tersebut menjadi usaha, namun tekad Denny untuk tetap berbagi ke sesama terus digiatkan. Salah satu mimpinya, ia ingin memiliki toko barang tak terpakai hasil sumbangan donatur agar bisa disasar kalangan yang lebih membutuhkan.

Nantinya toko tersebut bisa disambangi oleh siapa saja, tanpa harus membayar untuk mendapatkan barang sesuai kebutuhannya. Ia juga berpesan agar masyarakat bisa dengan bijak mengelola barang tak terpakainya, agar tidak menjadi masalah di lingkungan maupun tempat pembuangan akhir sampah.

"Harapannya, kita pengen mengajak masyarakat di luar sana untuk bijak kelola barang yang tak terpakai, agar tidak menjadi masalah di lingkungan hingga tempat pembuangan akhir," tandasnya.

Baca juga:
Ariyo Zidni, Membangkitkan Imajinasi Anak Lewat Dongeng Ceria
Kisah Bilal, Pria Bertato Dapat Hidayah Ketika Sedang 'Party'
Selain Ayah, Polisi Muda Istri Wafat Usai Melahirkan Kakaknya Bukan Orang Sembarangan
Pencegahan Kerusakan Lingkungan yang Dapat Dilakukan, Pahami Definisi & Peraturannya
Kewajiban Menjaga Lingkungan dalam Kehidupan Sehari-hari
7 Cara Menjaga Keseimbangan Lingkungan yang Efektif, Perlu Diketahui

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini