Manfaat Daun Kemangi untuk Pria, Bantu Tingkatkan Gairah Seksual

Manfaat Daun Kemangi untuk Pria, Bantu Tingkatkan Gairah Seksual
Ilustrasi daun kemangi. ©Shutterstock/B. and E. Dudzinscy
JABAR | 15 Maret 2021 11:15 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Anda mungkin sudah familiar dengan daun kemangi. Oleh masyarakat, daun kemangi sering dijadikan sebagai lalapan atau pelengkap dalam sajian masakan. Tapi, selain terlibat dalam aktivitas dapur, daun kemangi juga menyimpan manfaat bagi kesehatan.

Daun kemangi yang segar dinilai memiliki kandungan air, protein, karbohidrat, antioksidan lutein dan zeaxanthin, serat, dan zat besi. Belum lagi sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimiliki oleh tanaman herbal ini.

Dalam banyak artikel, kita sering menjumpai berbagai ulasan dari manfaat daun kemangi untuk kesehatan atau pun kecantikan. Namun, daun kemangi ternyata masih menyimpan manfaat kesehatan lainnya, khususnya bagi vitalitas pria.

Dalam artikel kali ini, kami tidak hanya mengulas manfaat dari daun kemangi secara umum, tapi juga membahas bagaimana manfaat daun kemangi untuk pria.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi untuk Pria

tidur setelah melakukan hubungan seks
idiva.com

Meningkatkan Gairah Seksual

Daun kemangi merupakan tumbuhan kecil yang biasa dimakan sebagai lalapan dan memiliki aroma yang khas. Mengutip dari lybrate.com, selain sebagai lalapan, daun kemangi ternyata juga dapat menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menggugah gairah seksual pria, atau biasa disebut sebagai zat afrodisiak.

Manfaat daun kemangi untuk pria telah banyak diteliti oleh beberapa ahli dan kandungan yang belum diketahui dari daun ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan sel-sel tubuh yang kuat. Salah satu manfaat daun kemangi untuk pria adalah dapat meningkatkan libido dan dorongan seks.

Baik untuk Kesehatan Sperma

Manfaat daun kemangi untuk pria sebagai agen afrodisiak, yang dapat meningkatkan gairah seksual. Selain itu, senyawa arginin yang terkandung dalam daun kemangi juga dapat memperpanjang masa hidup sperma, dan jika Anda mengonsumsi daun kemangi secara teratur dapat mencegah kemandulan. Jadi selain meningkatkan gairah seksual pria, manfaat daun kemangi untuk pria juga bermanfaat untuk pertumbuhan sperma.

Kita tahu bahwa sperma yang lemah biasanya tidak mampu berenang di dalam rahim untuk membuahi sel telur, sehingga daun yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur ini memang berkhasiat sangat baik untuk kesehatan seksual pria. Tak hanya bagi pria, daun kemangi juga bermanfaat bagi wanita. Dengan mengonsumsi daun kemangi secara rutin, akan membantu para wanita menambah jumlah ASI setelah melahirkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemangi Lainnya

Setelah mengulas tentang manfaat daun kemangi untuk pria, berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan secara umum:

ilustrasi pencernaan
shutterstock.com

Baik untuk Pencernaan

Dari situs food.ndtv.com, menurut buku 'Healing Foods' karangan DK Publishing, kemangi dapat memperlancar pencernaan secara optimal. Kemangi dikatakan dapat memperkuat sistem pencernaan dan saraf serta bisa menjadi obat yang baik untuk sakit kepala dan insomnia.

Eugenol yang ada di daun memastikan adanya tindakan anti-inflamasi di saluran pencernaan. Kemangi juga membantu menyeimbangkan asam di dalam tubuh dan mengembalikan tingkat pH tubuh yang tepat.

Melawan Radikal Bebas

Daun kemangi mengandung berbagai antioksidan alami, yang dapat membantu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah atom yang tidak stabil. Untuk menjadi stabil, mereka mengambil elektron dari atom lain dan membentuk rantai.

Rantai radikal bebas ini menyebabkan stres oksidatif pada tubuh dan menyebabkan lebih banyak kerusakan pada sel. Untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, seseorang harus menambah asupan antioksidan.

Kemangi mengandung dua antioksidan flavonoid penting yang larut dalam air, yang dikenal sebagai orientin dan viceninare. Antioksidan kuat ini akan memperkuat sistem kekebalan, melindungi struktur sel, DNA, dan menunda efek penuaan kulit.

Baik untuk Kulit

Minyak kemangi membantu membersihkan kulit dari dalam. Pembersih kulit ini sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit berminyak. Ini juga membantu menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Buat pasta dari daun kemangi, pasta cendana dan air mawar.

Oleskan pasta ini di wajah dan diamkan selama 20 menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin. Sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat dari kemangi akan membantu mencegah pembentukan jerawat.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Kesehatan Usus

Kemangi juga membantu mengembalikan tingkat pH alami tubuh dan memberi makan bakteri sehat di dalam mikroflora usus. Flora usus yang sehat meningkatkan kekebalan dan meningkatkan pencernaan yang sehat.

Manajemen Diabetes

Konsumsi kemangi dapat menyebabkan pelepasan gula dalam darah secara lambat, yang sangat penting bagi penderita diabetes. Ramuan ini memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah. Minyak esensial yang ada dalam kemangi juga membantu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol, yang merupakan faktor risiko tetap di antara penderita diabetes.

ilustrasi hati

©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Sebastian Kaulitzki

Mendukung Fungsi Hati dan Detoksifikasi Tubuh

Sifat detoksifikasi dari kemangi yang kuat dapat melakukan memberi kesehatan untuk hati. Hati adalah organ yang sangat penting bagi tubuh karena memainkan peran penting dalam metabolisme. Kemangi dapat membantu mencegah penumpukan lemak di hati dan menjaga kesehatan hati Anda.

Menghilangkan Dahak

Kemangi juga dapat membantu mengencerkan dahak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan dari paru-paru. Anda bisa mengonsumsinya dengan mengambil 8-10 daun kemangi segar, kemudian direbus dalam 300 hingga 500 ml air selama 5-6 menit. Biarkan dingin dan minum airnya. Apabila tidak sempat merebus, cukup ambil daun kemangi dan cuci, kemudian kunyah daun tersebut.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami