Manfaat Pohon Bidara untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol dan Gula Darah

Manfaat Pohon Bidara untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol dan Gula Darah
daun bidara. ©2020 Merdeka.com
JABAR | 15 September 2021 14:20 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Pohon bidara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil yang bisa tumbuh baik di daerah yang kering atau di tempat yang memiliki musim kering. Daunnya mirip dengan daun jeruk nipis tapi dengan ukuran kecil, yang berbentuk menyirip dan memiliki tulang daun.

Pohon bidara memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Salah satu sumber khasiat kesehatan pohon bidara berasal dari daun dan buahnya. Daun bidara mengandung senyawa seperti alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, dan minyak atsiri serta sifat antioksidan.

Sedangkan buahnya merupakan sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Kandungan lain dari buah bidara ini antara lain adalah kalsium, sodium, kalium, mangan, zinc, tembaga, serta senyawa bioaktif, seperti, fenol, flavonoid, saponin, asam triterpenat, dan fenol.

Dengan kandungan yang ada pada dua bagian pohon bidara tersebut, tidak heran jika pohon bidara memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Manfaat pohon bidara tersebut akan kami ulas dalam artikel berikut ini, yang dilansir dari liputan6.com dan alodokter.com.

Baca Selanjutnya: Menangkal Radikal Bebas...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami