Membuat Tanda Tangan Elektronik di Komputer dan Android, Begini Langkah-langkahnya

Membuat Tanda Tangan Elektronik di Komputer dan Android, Begini Langkah-langkahnya
Ilustrasi tanda tangan. ©Shutterstock/Vturin S. aka Nemo
JABAR | 6 Juli 2021 18:23 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Meski hanya berupa coretan, yang bahkan bentuknya terkadang tidak jelas, penggunaan tanda tangan terbukti menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Tanda tangan sudah seperti perwakilan dari orang yang menuliskannya.

Jika kita telusuri, tanda tangan memiliki banyak kegunaan dalam aktivitas sehari-hari, seperti untuk membuktikan identitas, menjaga integritas suatu dokumen, atau simbol persetujuan pada dokumen.

Sesuai dengan namanya, tanda tangan merupakan tulisan tangan, atau tanda yang berasal dari tangan kita sendiri sebagai penanda pribadi. Dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan tanda tangan tetap tidak berkurang, namun keberadaannya justru mengalami transformasi.

Transformasi tersebut saat ini dapat kita jumpai dalam bentuk tanda tangan elektronik. Ya, seiring berkembangnya teknologi, surat atau dokumen pun juga berkembang menjadi bentuk digital. Oleh karena itu, tanda tangan pun perlu beradaptasi dengan perubahan dokumen digital ini, sehingga muncul berbagai cara untuk membuat tanda tangan elektronik.

Transformasi pada tanda tangan ini juga memiliki kelebihan tersendiri, yaitu lebih efisien, lebih cepat, dan lebih ramah lingkungan karena kita menghemat penggunaan kertas. Langkah-langkah untuk membuat tanda tangan elektronik juga sudah banyak dimuat di berbagai website, dan bisa Anda mencobanya, baik di computer mau pun android Anda.

Beberapa cara membuat tanda tangan elektronik juga akan kami sampaikan dalam artikel berikut ini, yang dilansir dari pandadoc.com dan teknologi.id.

Baca Selanjutnya: Cara Membuat Tanda Tangan di...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami