Mengenal Daun Pohpohan, Lalapan Khas Gunung Salak yang Disebut Bisa Obati Luka Bakar

Mengenal Daun Pohpohan, Lalapan Khas Gunung Salak yang Disebut Bisa Obati Luka Bakar
lalapan. ©2020 Merdeka.com
JABAR | 9 November 2020 11:41 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Negara tropis seperti Indonesia memiliki ragam jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai bahan konsumsi. Tak hanya untuk dimakan, beberapa bahan makan bahkan bisa digunakan untuk penyembuhan penyakit, salah satu di antaranya adalah daun pohpohan.

Tumbuhan yang biasa ditemui di kawasan dataran tinggi, termasuk di kaki Gunung Salak, Jawa Barat ini disebut memiliki manfaat yang luar biasa sebagai obat untuk luka bakar. Oleh masyarakat setempat, sejak dahulu daun pohpohan kerap digunakan untuk mengobati luka bakar. Khasiat daun pohpohan dipercaya dapat mengembalikan kondisi kulit yang terluka.

Mengutip dari Jurnal Ilmiah Farmasi, Universitas Jendral Ahmad Yani (UNJANI) yang ditulis oleh Fitria dkk (2017:76) menyebutkan jika daun pohpohan memang mempunyai mafaat untuk menyembuhkan luka bakar. Daun pohpohan memiliki beberapa kandungan zat yang mampu memulihkan struktur jaringan kulit yang rusak akibat luka bakar.

Baca Selanjutnya: Memiliki Unsur Fitokimia...

Halaman

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami