Mengenal Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal, Berikut Arti dan Keutamaannya

Mengenal Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal, Berikut Arti dan Keutamaannya
Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock
JABAR | 6 Oktober 2021 12:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Doa merupakan permohonan kepada Allah SWT yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Dalam berdoa penting untuk menerapkan sikap khusyu' atau bersungguh-sungguh terhadap apa yang dimohonkan kepada Allah SWT.

Dalam hal ini Alquran memberikan penjelasan bahwa orang-orang yang taat melakukan ibadah senantiasa mengadakan pendekatan kepada Allah dengan memanjatkan doa yang disertai keikhlasan hati dan berulangkali dipanjatkan. Salah satu doa yang penting untuk selalu kamu panjatkan kapan pun dan di mana pun adalah doa agar terhindar dari fitnah dajjal.

Dajjal sendiri merupakan salah satu nama yang sangat akrab bagi umat Islam. Dajjal disebut dalam sejumlah literatur Islam dan kerap identik dengan narasi tentang akhir zaman. Kemunculan dajjal belum dapat dipastikan hingga saat ini.

Sejumlah literatur pun hanya menyebut dajjal akan muncul di akhir zaman. Tatkala kemunculannya nanti, dajjal akan menyebarkan fitna hingga membuat manusia tersesat. Bahkan umat manusia akan kesulitan membedakan mana yang benar dan patut menjadi pegangan dengan mana yang salah.

Dahsyatnya fitnah dajjal memang tak bisa disangkal. Namun Rasulullah mengajarkan untuk senantiasa berdoa agar terhindar dari fitnah dajjal. Berikut ini informasi lengkap mengenai doa terhindar dari fitnah dajjal, lengkap dengan arti dan keutamaannya telah dirangkum dari Liputan6.com pada Rabu (06/10/2021).

2 dari 3 halaman

Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal


اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

ilustrasi berdoa
©Shutterstock

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Doa Terhindar dari Fitnah Dajjal

Salah satu upaya untuk terhindar dari fitnah dajjal di akhir zaman adalah dengan rajin berdoa. Dajjal merupakan makhluk ciptaan Allah yang diprediksikan Nabi akan muncul di akhir zaman. Tentu saja, dajjal akan membawa pengaruh buruk bagi kehidupan manusia.

Dalam hal ini banyak ulama yang berbeda pendapat mengenai sosok dajjal.Banyak yang beranggapan bahwa dajjal hanyalah simbolis dari sebuah kejahatan, namun banyak pula yang mempercaya bahwa dajjal benar-benar akan muncul pada akhir zaman.

Terlepas dari itu, Nabi menganjurkan umatnya untuk selalu membaca agar terselamatkan dari fitnah dan bujuk rayu yang menyesatkan. Terkait doa tersebut, imam Muslima dalam kitab sahihnya menyebutkan riwayat Abu Hurairah yang mendengar Rasulullah SAW bersabda:

إذا فرغ أحدكم من التشهد ‏الآخر فليتعوذ بالله من أربع من عذاب جهنم، ومن عذاب ‏القبر ومن فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال” رواه مسلم

Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.

(mdk/nof)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami