Mengenal Fungsi Manajer Keuangan dalam Perusahaan, Penting dan Krusial

Mengenal Fungsi Manajer Keuangan dalam Perusahaan, Penting dan Krusial
Ilustrasi rapat. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
JABAR | 30 April 2021 15:45 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Berbagai aktivitas bisnis tidak bisa lepas dari peran sentral manajemen keuangan karena tanpa adanya manajemen keuangan, proses pengalokasian dana akan sulit dan proses produksi menjadi tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Jika manajemen keuangan tidak berjalan baik, maka sudah pasti perusahaan akan merugi. Maka dari itu, dalam mengelola keuangan, perusahaan memerlukan seorang manajer keuangan yang cakap dan ahli.

Manajemen keuangan sendiri merupakan bagian dari tugas pimpinan perusahaan dengan tanggung jawab utama berupa keputusan penting menyangkut investasi dan pembiayaan perusahaan. Jika dihubungkan dengan prinsip manajemen, aktivitas perolehan dan penggunaan dana untuk investasi dan pembiayaan perusahaan tersebut harus dilakukan efektif dan efisien.

Untuk itu diperlukan berbagai fungsi manajemen, fungsi perencanaan, pengarahan, dan pengendalian dalam menggunakan dan memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan. Adapun aktivitas investasi, pembiayaan, dan kebijakan dividen dari perusahaan ditangani oleh manajer keuangan.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai fungsi manajer keuangan dalam perusahaan, penting dan krusial telah dirangkum dari Liputan6.com dan digilib.uinsgd.ac.id:

Baca Selanjutnya: Fungsi Manajer Keuangan...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami