Mengenal Gejala Diabetes Melitus, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mengenal Gejala Diabetes Melitus, Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya
Diabetes. ©2012 Merdeka.com
JABAR | 2 November 2020 12:04 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Diabetes merupakan penyakit kronis serius yang terjadi karena pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (hormon yang mengatur gula darah atau glukosa), atau ketika tubuh tidak dapat secara efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Diabetes adalah masalah kesehatan masyarakat yang harus diwaspadai. Diabetes juga menjadi salah satu dari empat penyakit tidak menular prioritas yang menjadi target tindak lanjut oleh para pemimpin dunia.

Selain penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus juga merupakan salah satu penyebab utama penyakit ginjal dan kebutaan pada usia di bawah 65 tahun. Diabetes melitus juga bisa menjadi penyebab terjadinya amputasi, disabilitas, hingga kematian.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), saat ini sudah ada sekitar 150 juta orang yang mengalami diabetes di seluruh belahan dunia. Maka tak heran, jika penyakit diabetes semakin menjadi perhatian karena jumlah penderitanya yang terus bertambah.

Sementara itu, kebanyakan dari penderita penyakit diabetes baru mengetahuinya ketika sudah terjadi komplikasi. Salah satu upaya mencegah risiko terkena penyakit diabetes adalah dengan mengetahui apa saja gejala penyakit tersebut.

Dengan mengetahui gejalanya lebih cepat maka kamu juga dapat melakukan penanganan sedini mungkin. Simaklah informasi mengenai gejala diabetes melitus yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan Infodatin Kemenkes.

Baca Selanjutnya: Gejala Diabetes Melitus...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami