Mengenal Manfaat Baking Powder, Berikut Jenis dan Kegunaannya

Mengenal Manfaat Baking Powder, Berikut Jenis dan Kegunaannya
Ilustrasi baking powder. ©Pexels
JABAR | 17 Oktober 2020 19:30 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Bagi kamu yang sering membuat kue tentu saja tak asing lagi dengan istilah baking powder, yang merupakan bahan pengembang yang dipakai untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan yang dipanggang. Misalnya seperti muffin, bolu, scone, dan biskuit.

Baking powder bekerja dengan cara melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa. Reaksi ini menyebabkan gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah, dan pada saat dipanaskan adonan akan memuai. Ketika adonan matang, gelembung-gelembung itu terperangkap hingga menyebabkan kue menjadi naik dan ringan.

Baking powder sering kali dipakai untuk menggantikan ragi, ketika rasa fermentasi tidak diingini pada makanan kurang memiliki sifat elastis untuk menahan gelembung-gelembung gas lebih dari beberapa menit. Ada banyak baking powder dengan berbagai merek yang tersebar di pasar, namun sebagian besar baking powder tersebut dibuat dari unsur basa.

Biasanya, soda kue yang juga dikenal sebagai natrium bikarbonat ditambah satu atau lebih garam asam, dan pat lembam umumnya pati jagung atau pati kentang. Ada banyak manfaat baking powder yang bisa kamu dapatkan, berikut ini informasi lengkap mengenai manfaat baking powder dari jenis hingga kegunaannya telah dirangkum merdeka.com melalui repository.uma.ac.id dan fimela.com:

Baca Selanjutnya: Manfaat dan Kegunaan Baking Powder...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami