Mengenal Musa Ingens, Pohon Pisang Raksasa Asli Papua yang Miliki Tinggi 25 Meter

Mengenal Musa Ingens, Pohon Pisang Raksasa Asli Papua yang Miliki Tinggi 25 Meter
Pohon Pisang Papua Musa Ingens. ©2021 Liputan6/editorial Merdeka.com
JABAR | 12 Februari 2021 13:25 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Pohon pisang umumnya memiliki tinggi tak sampai puluhan meter. Lain halnya dengan pohon pisang endemik di Pegunungan Arak, Papua Barat ini. Pohon pisang bernama ilmiah Musa Ingens diketahui memiliki tinggi 12 hingga 25 meter.

Ukuran buahnya pun memiliki panjang yang tak biasa, yakni sekitar 10 sampai 15 cm, dengan bentuk lingkar 4-6 cm. Ukuran daunnya juga memiliki panjang hingga 5 meter dengan lebar 1 meter.

Keunikannya sempat menjadi buah bibir bagi kalangan masyarakat umum hingga peneliti di tahun 2016 lalu. Mengingat hal tersebut hanya ada satu satunya di dunia.

Pohon pisang tersebut satu-satunya pohon terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Sejauh ini tanaman tersebut tidak bisa ditemukan selain di beberapa daerah di wilayah Pegunungan Papua dan Papua Barat,” kata Kepala Pusat Penelitian Keanekaragaman Hayati (Puslit Kehati) Universitas Papua (Unipa) Manokwari, Charly Heatubun seperti yang Merdeka lansir di Liputan6.com pada Jumat (12/02).

Baca Selanjutnya: Tak Bisa Dikonsumsi Sembarangan...

Halaman

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami