Mengenal Sejarah Pertempuran Bulge di Belgia, Terbesar dalam Perang Dunia II

Mengenal Sejarah Pertempuran Bulge di Belgia, Terbesar dalam Perang Dunia II
Adolf Hitler. ©telegraph.co.uk
JABAR | 16 Desember 2020 07:10 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Perang Dunia II merupakan konflik terbesar dan paling merusak sepanjang sejarah. Puluhan juta nyawa manusia melayang akibat perselisihan kepentingan pihak-pihak yang terlibat dalam perang. Sebelumnya pertempuran besar juga sempat terjadi dalam wujud Perang Dunia I. Akan tetapi, perselisihan yang tak kunjung usai mengakibatkan meletusnya perang yang jauh lebih besar dan meluas 20 tahun kemudian.

Perang Dunia II di Eropa dimulai pada tahun 1939 dan berakhir pada tahun 1945. Pertempuran ini terjadi selama beberapa tahun dan hampir melibatkan seluruh wilayah di berbagai belahan dunia. Perang Dunia II juga dikenal sebagai politik Revanche Idea (semangat balas dendam) yang terus dihembuskan oleh salah satu negara yang kalah dalam Perang Dunia I yaitu Jerman. Selain itu, munculnya negara fasis (totaliter) seperti Nazi Jerman, Italia, dan Jepang yang merupakan salah satu penyebab meletusnya Perang Dunia II.

Dalam setiap peperangan pasti terdapat beberapa pertempuran-pertempuran penting yang walaupun betapa singkatnya, mengandung arti penting dan berpengaruh terhadap jalannya keseluruhan perang, begitu juga dengan Perang Dunia II. Salah satunya adalah Pertempuran Bulge yang terjadi pada 16 Desember 1944 di Ardennes, wilayah pegunungan di Belgia bagian tenggara.

Berikut informasi lengkapnya mengenai sejarah pertempuran Bulge di Belgia, terbesar dalam Perang Dunia II telah dirangkum merdeka.com melalui repository.upi.edu.

Baca Selanjutnya: Pertempuran Bulge di Belgia...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami