Penyebab Komedo yang Tak Boleh Disepelekan, Ketahui Cara Pencegahannya

Penyebab Komedo yang Tak Boleh Disepelekan, Ketahui Cara Pencegahannya
JABAR | 8 Juli 2020 14:55 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Memiliki wajah yang sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang terlebih bagi seorang perempuan yang sangat memperhatikan persoalan ini. Maka tak heran bila banyak dari mereka yang rela menghabiskan waktu dan juga biaya untuk merawat diri di salon-salon kecantikan. Salah satu masalah yang kerap dikeluhkan adalah komedo.

Komedo merupakan bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit yang bisa dibilang sebagai cikal bakal dari tumbuhnya jerawat. Pada dasarnya, komedo terbentuk akibat dari sumbatan pori-pori kulit. Sumbatan ini terjadi karena penumpukan minyak dan sel kulit mati. Biasanya komedo muncul di wajah, namun tak menutup kemungkinan komedo bisa tumbuh di leher, dada, bahu, punggung dan juga lengan.

Komedo memiliki beberapa jenis. Komedo hitam merupakan jenis komedo yang tidak terasa sakit karena tidak ada peradangan. Kemudian ada komedo putih yang terjadi karena folikel rambut tersumbat sepenuhnya. Ada juga jenis komedo makro komedo dan mikro komedo yang mana keduanya termasuk komedo putih namun ukurannya lebih besar. Terakhir, ada komedo solar yang biasanya banyak muncul di kulit wajah atau pipi dan dagu bagian yang sering terpapar sinar matahari khususnya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia.

Walaupun komedo tak berbahaya bagi kesehatan, namun komedo yang mengalami infeksi dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan, bengkak dan muncul jerawat. Selain itu, bagi sebagian besar orang komedo juga dapat membuat rasa percaya diri menurun.

Untuk mencegah komedo kamu perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Berikut penyebab komedo yang wajib diketahui lengkap dengan cara pencegahannya yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Rabu, (8/7/2020).

Baca Selanjutnya: Gejala Komedo...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami