Penyebab Metabolisme Tubuh Lambat, Bisa Sebabkan Kenaikan Berat Badan

Penyebab Metabolisme Tubuh Lambat, Bisa Sebabkan Kenaikan Berat Badan
ilustrasi tubuh langsing. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pressmaster
JABAR | 5 Januari 2022 16:36 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Metabolisme adalah proses di mana tubuh Anda mengubah apa yang Anda makan dan minum menjadi energi. Selama proses kompleks ini, kalori dalam makanan dan minuman digabungkan dengan oksigen untuk melepaskan energi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi.

Bahkan saat Anda beristirahat, tubuh Anda membutuhkan energi untuk semua fungsi "tersembunyi", seperti bernapas, mengedarkan darah, menyesuaikan kadar hormon, serta menumbuhkan dan memperbaiki sel. Penggunaan energi untuk fungsi dasar ini dikenal sebagai metabolisme basal.

Menjaga metabolisme tetap tinggi sangat penting untuk kesehatan Anda, terutama untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang ideal. Di sisi lain, metabolisme yang lambat dapat menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas dalam beberapa kasus.

Lalu, apa yang menjadi penyebab metabolisme tubuh lambat? Berikut kami sampaikan beberapa penyebab metabolisme tubuh lambat yang dilansir dari webmd.com.

2 dari 4 halaman

Gen

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang pertama adalah karena gen. Metabolisme adalah bagaimana cara tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jika tubuh Anda lambat dalam membakar kalori saat beristirahat atau tidur, hal itu bisa disebabkan karena faktor turunan dari orang tua, atau melalui gen Anda.

Karena Anda tidak dapat mengubah gen, fokuslah pada kebiasaan Anda. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan berolahraga lebih banyak. Cari cara untuk menyelipkan lebih banyak aktivitas ke dalam hari Anda.

Hormon

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang kedua yakni karena hormon. Pergeseran hormon dapat mengerem penggunaan energi tubuh Anda. Itu juga bisa membuat Anda lelah. Beberapa kondisi, seperti tiroid dan diabetes yang kurang aktif atau terlalu aktif, adalah penyakit hormonal yang memengaruhi metabolisme Anda. Stres juga bisa melepaskan hormon yang dapat memicu perlambatan metabolisme.

Jika Anda memiliki kondisi medis, terus jalani pengobatan Anda. Dan jadikan prioritas untuk menghilangkan stres sejak awal.

Kurang Tidur

ilustrasi begadang
©Shutterstock/Adam Middleton

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang ketiga karena Anda kurang tidur. Tidur yang baik dan teratur akan membantu metabolisme Anda tetap stabil. Ketika Anda merasa gelisah di malam hari, akan lebih sulit bagi tubuh untuk menggunakan energi dengan baik, sehingga membuat kondisi seperti diabetes dan obesitas rentan terjadi.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur. Jika Anda masih belum bisa menerapkannya dengan baik, cobalah selama seminggu dan lihat perubahan baik pada tubuh Anda.

Diet Ketat

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang keempat yaitu karena diet ketat yang Anda jalankan. Bagaimana Anda menurunkan berat badan itu penting. Jika Anda tidak makan cukup, metabolisme akan berubah menjadi lambat.

Diet berat, terutama saat Anda juga berolahraga, mengajarkan tubuh untuk mengurangi kalori. Itu bisa menjadi bumerang, karena tubuh Anda bergantung pada kalori tersebut, sehingga membuatnya jadi lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Meskipun memakan waktu yang lebih lama, pertahankan program penurunan berat badan Anda yang realistis, dan hindari program yang menawarkan hasil yang drastis.

Dehidrasi

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang kelima adalah karena dehidrasi. Tanpa konsumsi air yang cukup, metabolisme Anda bisa melambat. Bagaimana dengan segelas air dingin? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu membantu tubuh membakar energi dan memicu penurunan berat badan.

Pada suhu berapa pun, air juga membantu Anda merasa kenyang, sehingga Anda makan lebih sedikit. Jadi, jangan tinggalkan botol minuman Anda. Anda juga bisa makan lebih banyak makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi secara alami, seperti semangka atau mentimun.

3 dari 4 halaman

Minum Kopi tanpa Kafein

ilustrasi minum kopi©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Refat

Ini adalah pilihan yang baik jika Anda suka minum kopi sebelum tidur. Tetapi Anda akan kehilangan sentakan kafein yang membuat metabolisme Anda berjalan. Ingatlah bahwa beberapa penelitian menunjukkan kopi dapat mempengaruhi kadar gula darah. Jadi Anda mungkin perlu membatasinya jika Anda menderita diabetes.

Jika Anda tidak dapat menangani kafein, lakukan hal lain yang dapat membantu metabolisme Anda, dan terapkan sesering mungkin.

Tidak Cukup Asupan Kalsium

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang berikutnya yakni karena asupan kalsium Anda tidak mencukupi. Kalsium tak hanya untuk tulang Anda. Ini juga menjadi nutrisi utama untuk metabolisme yang cepat, di antara hal-hal positif lainnya yang dilakukannya untuk tubuh Anda.

Anda bisa mendapatkan kalsium dari susu dan produk susu. Nutrisi ini juga ada di berbagai makanan yang diperkaya (seperti sereal, jus jeruk, dan susu kedelai atau almond), salmon kaleng, lobak, kangkung, dan tahu.

Obat-obatan

Beberapa obat dapat memperlambat metabolisme Anda, seperti antidepresan dan antipsikotik tertentu yang digunakan dokter untuk mengobati skizofrenia. Banyak obat lain, seperti yang memperlambat detak jantung, juga dapat memiliki efek itu.

Beri tahu dokter jika menurut Anda resep yang diberikan pada Anda mungkin menjadi masalah. Mungkin ada sesuatu yang bisa Anda terima sebagai gantinya.

Memotong Karbohidrat

Tentu, mengurangi karbohidrat dapat membantu Anda mengatur berat badan dan membakar lemak lebih cepat. Tetapi tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat insulin. Makan rendah karbohidrat sepanjang waktu dan Anda hanya akan menghasilkan lebih sedikit hormon kunci ini. Metabolisme Anda terhenti dan tidak mampu membakar kalori sebanyak sebelumnya.

Anda bisa menambah karbohidrat dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya nutrisi, seperti ubi jalar dan tepung gandum utuh. Mereka akan menjaga metabolisme Anda tetap terkendali dan mencegah keinginan mengidam yang dapat membuat Anda makan berlebihan.

4 dari 4 halaman

Begadang

Sering terjaga di tengah malam atau bekerja shift malam akan mengacaukan siklus tidur-bangun alami tubuh Anda. Perubahan tersebut dapat menyebabkan metabolisme yang lamban dan masalah lain seperti diabetes dan obesitas.

Oleh karena itu, atur ulang jam biologis Anda. Hindari aktivitas di tengah malam untuk mendapatkan tidur yang cukup. Jika Anda bekerja di malam hari dan tidak dapat diubah, bicarakan dengan dokter tentang cara-cara sehat yang dapat Anda lakukan.

Mengubah Waktu Makan

ilustrasi makan©Pixabay

Kapan Anda makan sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Melewatkan makan atau makan saat bepergian menciptakan jet lag, termasuk pada metabolisme. Pergeseran waktu makan dapat merusak metabolisme dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi pertimbangkan waktu makan yang teratur dengan keluarga dan lakukan secara tertib.

Stres Kronis

Ketika Anda berada dalam situasi stres, tubuh membuat hormon yang disebut kortisol. Ini dimaksudkan untuk memberi Anda dorongan energi yang cepat. Tetapi jika Anda terjebak di zona stres, tubuh berpikir Anda masih perlu berjuang, sehingga terus membuat kortisol. Tingginya kadar hormon ini membuat tubuh Anda lebih sulit menggunakan insulin. Itu membuat metabolisme melambat dan memicu kenaikan berat badan. Anda perlu mencari cara untuk menghilangkan stres. Bernapaslah dalam-dalam. Lakukan sesuatu yang Anda sukai. Temukan apa yang sesuai untuk membuat Anda tenang dan senang.

Diet Tinggi Lemak

Penyebab metabolisme tubuh lambat yang terakhir karena konsumsi makanan yang tinggi lemak. Makan banyak makanan berlemak seperti burger dan makanan bermentega bukanlah ide yang sehat. Ini mengubah cara tubuh Anda memecah makanan dan nutrisi.

Kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan insulin juga terpengaruh. Itu disebut resistensi insulin, dan telah dikaitkan dengan obesitas dan diabetes. Jadi, akan lebih baik jika Anda lebih banyak makan buah dan sayuran, dan minum lebih banyak air. Kacang, paprika, dan kerang juga merupakan pilihan yang baik.

(mdk/ank)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami