Pepaya Mengandung Vitamin yang Baik untuk Tubuh, Kenali Manfaatnya

Pepaya Mengandung Vitamin yang Baik untuk Tubuh, Kenali Manfaatnya
Ilustrasi pepaya. © Shutterstock
JABAR | 26 April 2021 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Tak hanya karena rasanya yang manis dan menyegarkan, akan tetapi buah pepaya juga terkenal kaya akan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, harga buah pepaya juga lebih terjangkau ketimbang jenis buah lainnya.

Buah pepaya matang sangat unggul dalam hal betakaroten (276 mikrogram/100 g), betacryptoxanthin (761 mikrogram/100 g), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 g). Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal serangan radikal bebas.

Vitamin A yang diperoleh dari 100 g buah pepaya matang berkisar antara 1.094-18.250 SI, tergantung dari varietasnya. Sementara betacryptoxanthin, lutein, dan zeaxanthin lebih banyak berperan sebagai antioksidan untuk mencegah timbulnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif. Sumbangan vitamin yang sangat menonjol adalah vitamin C (62-78 mg/100 g) dan folat (38 mikrogram/100 g).Kadar serat per 100 gram buah masak 1,8 gram.

Serat pepaya sangat dikenal manfaatnya dalam memperlancar proses buang air besar (BAB) dan mencegah sembelit. Satu potong pepaya berukuran 140 gram mampu memberikan sumbangan vitamin C sebanyak 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta sumbangan serat sebanyak 10 persen dari AKG.

Sementara itu komposisi mineral pada buah pepaya matang sangat bagus, yaitu dominan potasium (257 mg/100 g) dan sangat sedikit sodium (3 mg/100 g). Rasio potasium terhadap sodium yang tinggi sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya hipertensi.

Dengan kandungan vitamin yang melimpah tersebut, tak berlebihan jika banyak yang menyebut buah pepaya sangat menyehatkan tubuh. Lebih jauh, berikut informasi lengkap mengenai pepaya mengandung vitamin yang baik untuk tubuh yang telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com pada Senin, (26/04/2021).

Baca Selanjutnya: Memiliki Kandungan Nutrisi yang Penting...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami