Peristiwa 6 Mei 1937: Tragedi Terbakarnya Balon Raksasa Hindenburg di New Jersey

Peristiwa 6 Mei 1937: Tragedi Terbakarnya Balon Raksasa Hindenburg di New Jersey
Peristiwa 6 Mei 1937: Tragedi Terbakarnya Balon Raksasa Hindenburg di New Jersey. worldwarmedia.com
JABAR | 6 Mei 2021 05:05 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Saat ini, kita mengenal pesawat dan helikopter sebagai transportasi udara yang umum digunakan. Namun, tahukah Anda bahwa dulu pernah ada balon raksasa yang digunakan sebagai transportasi udara?

Nama kendaraan megah itu adalah zeppelin, yaitu balon udara raksasa berbentuk cerutu yang dapat terbang secara terarah karena memiliki mesin dan kemudi.

Puncak kejayaan zeppelin terjadi pada tahun 1930-an, di mana kala itu LZ 127 Graf Zeppelin dan LZ 129 Hindenburg mengoperasikan penerbangan sipil trans-Atlantik dari Jerman menuju Amerika Utara dan Brasil.

Bahkan, puncak Empire State Building yang bergaya Art Deco, awalnya dirancang sebagai tempat untuk pemberangkatan balon raksasa buatan ahli aeronautika dari Jerman, Ferdinand Adolf Heinrich August von Zeppelin ini.

Namun, kejayaan zeppelin harus berakhir, setelah tragedi yang melibatkan Hindenburg, yaitu balon udara paling besar sepanjang sejarah, menewaskan sebagian penumpang beserta kru di dalamnya pada 6 Mei 1937.

Baca Selanjutnya: Balon Raksasa Hidenburg...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami