Rakyat Bantu Rakyat, Gerakan Inspiratif Kedaultan Pangan ala Warga Jogja Saat Pandemi

Rakyat Bantu Rakyat, Gerakan Inspiratif Kedaultan Pangan ala Warga Jogja Saat Pandemi
JABAR | 26 November 2020 06:01 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Covid-19 telah membawa dampak pada perekonomian Indonesia. Banyak warga yang kesulitan untuk bertahan hidup maupun menjaga kemandirian pangan. Hal tersebut memicu beberapa pemuda di Yogyakarta untuk membangun kedaulatan pangan melalui gerakan Rakyat Bantu Rakyat.

Salah satu penggerak kegiatan tersebut adalah Dodok Putra Bangsa, warga Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Ia merasa prihatin atas dampak Covid-19 yang dirasakan langsung oleh masyarakat. Melalui gerakan Rakyat Bantu Rakyat, Dodok berusaha menyediakan kebutuhan sayuran untuk disumbangkan kepada masyarakat, baik yang masih segar maupun sudah diolah menjadi makanan.

Saat ditemui Merdeka.com pada Kamis (12/11) lalu, pria 43 tahun tersebut menceritakan awal mula lahirnya gerakan Rakyat Bantu Rakyat. Awalnya, Ia berinisiatif menanam sayuran di lahan perkotaan seluas 400 meter persegi yang diberi nama Kebunku Jogja.

“Awalnya ketika itu ada kegiatan donasi ke Solidaritas Pangan Jogja dengan menyediakan donasi, salah satunya adalah PPLP (Paguyuban Petani Lahan Pantai) yang akan digusur pasir besi di Kulon Progo. Setiap minggu mereka mengirim 1 pickup untuk 12 dapur, dan saat itu ia terpikirkan untuk membuat pertanian di perkotaan untuk membantu warga terdampak” kata pria yang akrab disapa Dodok Jogja itu.

Baca Selanjutnya: Menebar Inspirasi Lewat Tani di...

Halaman

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami