Rapid Test Bekasi Dimulai Hari Ini, Gunakan Metode Door to Door hingga Drive Thru

Rapid Test Bekasi Dimulai Hari Ini, Gunakan Metode Door to Door hingga Drive Thru
JABAR | 26 Maret 2020 14:36 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Demi menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya, Pemkab Bekasi mulai melaksanakan Rapid Test (tes cepat) hari ini (26/3). Rapid Test di Bekasi ini akan menggunakan dua metode, yaitu door to door dan drive thru.

Hal tersebut diungkapkan oleh Alamsyah, selaku Jubir Pusat Informasi dan Koordinasi Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi. Menurut Alamsyah dilansir dari Antara, dua metode ini dipilih karena dinilai efektif mengurangi penyebaran virus yang berasal dari Tiongkok tersebut.

"Rapid test (pemeriksaan cepat) metode door to door (pintu ke pintu) mulai dilakukan hari ini dengan mendatangi kediaman pasien serta rumah sakit yang menangani pasien Covid-19," ungkap Alamsyah.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bekasi telah mendapat 1.000 alat tes cepat Covid-19 dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk digunakan pada rapid test melalui pemeriksaan cepat dari rumah ke rumah maupun melalui layanan drive thru.

1 dari 3 halaman

Dilakukan Untuk Kategori A

pejabat pemkab dan orang dekat bupati bogor jalani rapid test

2020 Merdeka.com/Rasyid Ali

Alamsyah juga menjelaskan jika tes massal tersebut akan diutamakan bagi masyarakat dengan kategori A. Kategori A sendiri merupakan kelompok orang yang masuk dalam kelompok Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dantenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit rujukan penanganan Corona, dengan tingkat interaksi dengan Corona cukup tinggi, sehingga perlu diutamakan untuk dilakukan tes.

2 dari 3 halaman

Melibatkan Berbagai Elemen Kesehatan

Alamsyah mengungkapkan bahwa pihaknya akan melibatkan beberapa elemen kesehatan yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi. Tercatat kurang lebih 200 tenaga medis yang terdiri dari tenaga puskesmas, dinas kesehatan, serta tenaga dari rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Dinkes Kab Bekasi akan terlibat dalam pelaksanaan tes cepat tersebut.

Hal tersebut sesuai dengan instruksi pada saat sosialisasi tentang tata cara penggunaan alat tes cepat beberapa waktu lalu.

"ODP yang diisolasi di rumah masing-masing akan didatangi petugas kesehatan dari puskesmas wilayah tersebut. Sementara untuk PDP dan tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit, (pemeriksaan) akan dilakukan di rumah sakit oleh petugas, tentunya dengan pendampingan dinas kesehatan," kata Alamsyah.

3 dari 3 halaman

Dilaksanakan Dua Tahap

rapid test

Antara 2020 Merdeka.com

Pada tahap pertama ini Pemkab Bekasi melaksanakan tes massal dengan mendatangi rumah rumah warga sesuai masyarakat dengan kategori A.

Lalu tes massal tahap kedua akan dilaksanakan pada hari Jumat (27/3) di kompleks Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Pelaksanaan tes tahap kedua tersebut akan menggunakan metode drive thru (pengambilan sampel tanpa turun dari mobil) dengan menyasar masyarakat atau warga yang masuk pada kategori B yaitu termasuk tenaga medis, pemangku kepentingan, dan masyarakat umum yang melewati area pemeriksaan.

"Kita sudah siapkan tempatnya di area sekitar stadion. Mudah-mudahan besok sudah bisa dilaksanakan karena fokus kita hari ini adalah menyelesaikan yang door to door dahulu," kata Alamsyah

Alamsyah menambahkan jika tes massal di Kabupaten Bekasi ini dapat menekan angka penyebaran Covid-19 mengingat kedua metode tes tersebut dilaksanakan tanpa mengumpulkan orang banyak di satu tempat.

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami