Lawan Corona, Ridwan Kamil Prioritaskan 5 Daerah di Jawa Barat untuk Terapkan PSBB

Lawan Corona, Ridwan Kamil Prioritaskan 5 Daerah di Jawa Barat untuk Terapkan PSBB
JABAR | 5 April 2020 12:39 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah memprioritaskan lima daerah di wilayahnya untuk segera menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna menekan angka penyebaran Covid-19. Hal tersebut juga dimaksudkan untuk menekan jumlah pemudik yang masih berdatangan di wilayah perbatasan Jawa Barat.

Kelima daerah tersebut merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta yaitu Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok.

Menurut Gubernur yang biasa disapa Kang Emil tersebut, ke lima wilayah tersebut merupakan wilayah penyangga ibu kota dan berdasarkan data dari Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jabar (Pikobar) beberapa wilayah tersebut merupakan kota dengan kasus tertinggi.

"Pada dasarnya kami prioritaskan kota/kabupaten yang berada dekat dengan Jakarta. Itu karena harus satu cermin. Kalau Jakarta Pak Anies (Gubernur DKI) bilang A, maka Bogor, Bekasi, Depok harus sama karena virus ini tidak ada KTP-nya," ujar Kang Emil.

1 dari 2 halaman

Menyamakan Frekuensi dengan DKI Jakarta

konpers anies baswedan terkait covid 19

2020 Istimewa

Menurut Kang Emil, kebijakan PSBB akan lebih efektif jika wilayah DKI Jakarta yang menjadi episentrum Corona memberlakukan aturan tersebut terlebih dahulu, yang kemudian diikuti oleh kelima daerah penyangga ibu kota tersebut.

Kang Emil juga menambahkan bahwa upaya PSBB yang super ketat tersebut akan terus menekan penyebaran virus Corona, kuncinya ada di kesamaan pola PSBB antara di pusat dengan di kota-kota penyangganya.

"Karena kalau Jakarta yang melakukan upaya, tiba-tiba Bodebek beda maka itu tidak efektif juga. Maka dari itu yang akan kita lakukan untuk PSBB akan kami samakan dengan Pak Anies di Jakarta," katanya.

2 dari 2 halaman

Respon dari Kelima Daerah

Emil juga menjelaskan jika sejauh ini, kelima daerah tersebut (Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kota Depok) tidak mempersoalkan untuk memberlakukan PSBB sesuai dengan pola di DKI Jakarta.

Namun tetap, menurut Emil pihaknya baru bisa melakukan setelah keluar keputusan penerapkan PSBB dari kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Masih kita koordinasikan, saya menunggu dulu arah Jakarta. Jadi di urusan ini kami memberi prioritas Jakarta mengambil kesimpulan dulu. Setelah Jakarta mengambil keputusan kami mengikuti," ucapnya.

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5