5 Fakta di Balik Aksi Rachel Vennya Bantu Lawan Corona, Sumbang Pakai Uang Pribadi

5 Fakta di Balik Aksi Rachel Vennya Bantu Lawan Corona, Sumbang Pakai Uang Pribadi
JABAR | 19 Maret 2020 14:14 Reporter : Andriana Faliha

Merdeka.com - Pencegahan persebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia memang terus dilakukan. Pasalnya, hingga saat ini Kamis (18/3/2020), tercatat sudah ada 227 kasus pasien positif corona di Indonesia.

Jumlah kasus yang semakin hari semakin meningkat membuat banyak orang semakin waspada dan melakukan segala cara untuk menekan persebarannya. Tak hanya sampai disitu, beberapa publikfigure tanah air pun tergerak hatinya untuk melakukan aksi sosial, seperti ajak penggalangan dana hingga menyumbangkan masker dan beberapa kebutuhan lainnya.

Rachel Vennya merupakan salah satu publik figur yang melakukan aksi sosial demi perangi wabah virus corona. Diketahui, belum lama ini Ia mengajak masyarakat untuk penggalangan dana.

Aksi tersebut diumumkan di Instagram pribadinya. Melalui penggalangan dana tersebut, Rachel Vennya berhasil mengumpulkan donasi sebanyak Rp 2 Milliar lebih hanya dalam 2 hari.

Selain mengajak penggalangan dana, Rachel Vennya juga turut memberikan sumbangan secara pribadi. Berikut 5 fakta aksi Rachel Vennya untuk bantu lawan Corona.

1 dari 5 halaman

Sumbang 1000 Pcs Hazmat Suit

Mengingat kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) dari paparan Virus di berbagai rumah sakit di Indonesia, Rachel Vennya tergerak menyumbangkan 1000 Pcs Hazmat Suit.

"Melihat kurangnya APD akhirnya aku contact @faniakhamada (team Kitabisa) untuk mencari hazmat suit, Qadarullah ada 1000pcs hazmat suit ready stock dibantu dgn kak Gio (Team Kawal Covid-19) akhirnya aku pribadi memutuskan untuk menyumbang 1000pcs hazmat suit tsb menyebar ke 82 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Indonesia sudah FIX tinggal dikirim". tulis Rachel dalam foto unggahannya.

rachel vennya sumbang hazmat suit

2020 Merdeka.com (instagram : rachelvennya)

2 dari 5 halaman

Dibagikan ke 82 Rumah Sakit

Rachel Vennya juga menjelaskan dan meminta maaf jika Ia belum bisa mengirim ke semua Rumah Sakit. Diketahui, 1000 Hazmat Suit tersebut di kirim ke 82 Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia.

"Yang penasaran bentukannya.. aku cuma bisa beli 1000pcs karena cuma segitu stock available, kalo aku ada rejeki lagi dan ada stock lagi doain bisa supply lebih banyak RS, maaf gak semua RS kebagian. ini bisa ngasih ke 82 RS aja terharunya minta ampun." tulisnya lagi.

rachel vennya sumbang hazmat suit

2020 Merdeka.com (instagram : rachelvennya)

Lebih lanjut lagi, Rachel Vennya juga menginformasikan data 82 RS Rujukan di berbagai daerah di Indonesia yang akan mendapatkan Hazmat Suit darinya. Mulai dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung. DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timut, Bali hingga Kalimantan Barat dan Timur.

3 dari 5 halaman

Perjuangan Mencari Hazmat Suit

Melalui Insta Storienya, Rachel Vennya juga menceritakan perjuangannya mendapatkan Hazmat Suit. Diketahui, untuk mendapatkan 1000 pcs ini, Ia di bantu dari tim Kitabisa.com dan dikawal dengan tim kawal Covid-19. Perjuangan mendapatkan Hazmat Suit ini bukan sesuatu yang mudah, ia sampai tak bisa mengungkapkan perasaannya.

"seandainya kalian tau berapa telfon untuk dapetin ini, jujur bukan soal uang tapi kayak ... ya Allah dapat akhirnya aaak! ". tulisnya lagi

rachel vennya sumbang hazmat suit

2020 Merdeka.com (instagram : rachelvennya)

4 dari 5 halaman

Pakai Dana Pribadi

Banyak warganet yang mengira sumbangan Hamzat Suit tersebut merupakan hasil dari penggalangan dana Rachel Vennya. Namun, Rachel Vennya pun menjelaskan melalui Insta Storienya agar publik tidak mendapatkan informasi yang salah.

"Maaf banget takut salah informasi gak niat apapun karena isi dm kayak gini semua .. tapi pembelian 1000 pcs hamzat suit adalah dana pribadi aku. Untuk donasi akan segera di updata ya.." ungkapnya melalui instastory.

rachel vennya sumbang hazmat suit

2020 Merdeka.com (instagram : rachelvennya)

5 dari 5 halaman

Diminta Transparan

Berhasilnya Rachel Vennya mengumpulkan donasi sebanyak 2 Miliar Rupiah menimbulkan berbagai aksi dari masyarakat. Banyak publik meminta agar Rachel Venya transparan terkait soal dana donasi tersebut.

Lewat Insta Storienya, Rachel Vennya juga mengungkapkan bahwa dia tidak akan memakai uang donasi dan dia juga menegaskan berani menerima sanksi apapun apabila Ia terbukti menyalahgunakan uang hasil donasi.

"Baiklah aku akan jawab secara GAMBLANG. jujur untuk tetap positive disaat orang-orang merasa seakan-akan aku minta spotlight dari ini semua itu sulit, jadinya saat ada orang yang nulis kayak gini tuh, aku agak sedikit sensitive, tapi aku mencoba positif karena ini hak kalian, aku tau kalian menunggu update, please kasih kami max 12 jam, aku tidak akan pernah memakai uang donasi, aku berani menerima sanksi apapun kalau aku terbukti menyalahgunakan". jelasnya

rachel vennya sumbang hamzat suit

2020 Merdeka.com (instagram : hamzatsuit)

(mdk/anf)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5