Serunya Trekking Sepeda Kanhay Bike Park di Kaki Gunung Manglayang

Serunya Trekking Sepeda Kanhay Bike Park di Kaki Gunung Manglayang
Trekking Sepeda Kanhay Bike Park. ©2021 Merdeka.com/Reival Akbar
JABAR | 13 Oktober 2021 19:00 Reporter : Ibrahim Hasan

Merdeka.com - Trek naik turun ini menjadi salah satu destinasi andalan pesepeda di Bandung Timur. Lintasan sepeda dibuat sedemikian rupa ala trek sepeda gunung dengan jalur bergelombang. Para pemula pesepeda gunung akan ketagihan berlatih berbagai macam jenis trek menantang yang disajikan Kanhay Bike Park di kawasan kaki Gunung

Manglayang, Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru,Kota Bandung.
Kanhay Bike Park menjadi salah satu destinasi pesepeda yang menyuguhkan pemandangan lanskap Kota Bandung dengan udara sejuk ditambah hamparan hijaunya lahan. Kanhay sendiri berasal dari singkatan kandang hayam, atau kandang ayam. Tapi tenang, Anda tidak akan disuguhi semerbaknya kotoran ayam. Sesekali uji otot dan nyali, datang dan rasakan sendiri sensasi bersepeda di atas ketinggian Kota Bandung.

Sepeda yang direkomendasikan untuk trek sepeda Kanhay Bike Park ialah jenis Mountain Bike atau MTB. Kekuatannya didesain untuk jalur terjal, naik turun, bahkan untuk melompat ke udara.
trekking sepeda kanhay bike park

©2021 Merdeka.com/Reival Akbar


Tua maupun muda, dengan serunya menjajal trek sepeda Kanhay Bike Park. Melompat tinggi dengan indahnya bermanufer. Di sisi, para pemula dapat membiasakan diri dengan jalur ekstrim layaknya sepeda di alam liar.

Meski begitu, jalur sepeda Kanhay sebenarnya tidaklah terlalu ekstrim. Jalur sepeda ini dapat dilalui oleh jenis sepeda Down Hill (DH), All Mountain (AM), Cross Country XC, hingga Dirt Jump (DJ). Walaupun begitu, pada saat bermain sepeda di jalur ini kita tetap mengutamakan safety riding untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sirkuit pum trek merupakan fasilitas terbaru dari dan menjadi salah satu fasilitas yang banyak diminati pesepeda selain fasilitas trek downhill. Trek sepeda ini menjadi salah satu lokasi favorit pesepeda dari dalam dan luar Kota Bandung untuk menyalurkan hobinya sekaligus menjadi sarana pembibitan atlet-atlet sepeda baru
trekking sepeda kanhay bike park

©2021 Merdeka.com/Reival Akbar


Memasuki daerah Cipulus bahkan kita akan disuguhi indahnya pemandangan alam Gunung Manglayang. Karena itu pula, rasa lelah setelah mengayuh pedal akan sedikit terobati saat kita melihat pemandangan alam ciptaan Sang Maha Pencipta.

Berlatih sepeda gunung dengan latar belakang pemandangan Gunung Ciparay yang indah tentu menjadi semangat tersendiri. Udaranya begitu sejuk, seolah menyamarkan cuaca terik mentari saat cuaca sedang cerah.

trekking sepeda kanhay bike park

©2021 Merdeka.com/Reival Akbar


Jalur ini dibangun pada akhir tahun 2017 oleh komunitas sepeda Ujungbronx MTB. Awalnya jalur ini merupakan tempat latihan anak-anak Ujungbronx MTB, lebih tepatnya untuk melatih skill mereka sebelum bersepeda di jalur sepeda yang lebih besar dan lebih ekstrim, seperti Cikole.

Seiring berjalannya waktu, tepatnya pada akhir tahun 2019 jalur ini terus dikembangkan hingga seperti sekarang. Hingga jangan salah, saat ini setiap akhir pekan Kanhay Bike Park selalu ramai dikunjungi oleh para pesepeda ekstrem, dari berbagai komunitas sepeda di Kota Bandung, termasuk anak-anak dan wanita. Jalur sepeda ini sepertinya memang memberikan sensasi cukup menantang bagi para pesepeda.
trekking sepeda kanhay bike park

©2021 Merdeka.com/Reival Akbar


Saat ini di Kanhay Bike Park juga telah dibangun fasilitas umum, seperti mushola dan kamar mandi dengan menggunakan dana yang berasal dari para pengguna jalur ini. Mereka secara sukarela memberikan sumbangan alakadarnya untuk pengembangan jalur sepeda ini. Bahkan, sampai sekarang, pembiayaan untuk perawatan.

Untuk menuju tempat ini dari Pusat kota Bandung dengan bersepeda diperlukan waktu kurang lebih 3 jam dengan bersepeda.

(mdk/Ibr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami