Streaming adalah Nonton Siaran Beberapa Kali, Perhatikan Jenisnya

Streaming adalah Nonton Siaran Beberapa Kali, Perhatikan Jenisnya
Ilustrasi Youtube. Liputan6 ©2020 Merdeka.com
JABAR | 29 Mei 2021 10:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih dan beragam, streaming menjadi salah satu istilah yang kini telah akrab dengan masyarakat Indonesia. Streaming merupakan salah satu bentuk teknologi yang memperkenalkan file digunakan secara langsung tanpa menunggu selesainya unggahan (download) dan berlangsung secara kontinyu tanpa interupsi. Singkatnya streaming adalah nonton siaran beberapa kali.

Untuk membuat video streaming biasanya pembuat video merekamnya terlebih dahulu kemudian diunggah ke situs online untuk menikmati penontonnya. Video yang diunggah ke situs biasa berupa konten milik pribadi yang diabadikan dan bisa ditonton berulang kali, atau sebuah film atau drama yang diproduksi oleh perusahaan produksi film.

Jika istilah streaming belum benar-benar kamu pahami, maka simaklah informasi berikut ini mengenai streaming adalah nonton siaran beberapa kali, perhatikan jenisnya telah dirangkum dari Fimela.com:

2 dari 3 halaman

Apa itu Streaming

Saat ini kita berada pada era di mana media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran media sosial telah banyak membawa perubahan bagi kebudayaan masyarakat. Salah satu istilah yang kini akrab di tengah masyarakat adalah streaming.

Streaming adalah teknologi pengiriman data, video, atau audio dalam bentuk yang telah dikompresi melalui jaringan internet yang ditampilkan oleh suatu player secara realtime. Pengguna memerlukan player yang merupakan aplikasi khusus untuk melakukan dekompresi dan mengirimkan data berupa video ke tampilan layar monitor dan data berupa suara ke speaker. Sebuah player dapat berupa suatu bagian dari browser atau sebuah perangkat lunak.

Inti dari streaming adalah membagi data dan encoding, kemudian mengirimkannya melalui jaringan dan pada saat data sampai pada pengguna maka akan dilakukan decoding serta pembacaan data. Adapun ciri-ciri aplikasi streaming yaitu distribusi audio, video dan multimedia pada jaringan secara realtime atau on demand.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Streaming

Setelah mengetahui pengertian streaming, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenisnya berikut ini:

1. Prerecord Streaming

Jenis streaming yang pertama ini dijalankan dengan terlebih dahulu merekam video atau konten yang akan disiarkan, kemudian simpanlah pada media tertentu (bisa media online atau media fisik seperti hardisk). Setelah disimpan, baru kemudian host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

2. Live Streaming

Live Streaming adalah proses yang dilakukan dengan konsep kerja seperti siaran langsung pada televisi. Hal ini tentu berbeda dengan Prerecord Streaming. Artinya, pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan pada media yang dimilikinya. Nantinya host dapat melihat secara langsung setiap detik yang dilalui oleh pemilik konten tersebut, sehingga engagement yang terjalin pun dapat terjalin lebih erat.

(mdk/nof)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini