Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan

Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan
Bank Syariah. ©wordress.com
JABAR | 28 Desember 2020 07:51 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Syariah memiliki banyak arti, salah satu di antaranya berarti ketetapan dari Allah bagi hamba-hamba-Nya atau segala hal yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam bentuk wahyu yang ada dalam Alquran dan sunnah. Semula kata syariah berarti "jalan menuju ke sumber air", yakni jalan ke arah sumber kehidupan.

Semula kata syariah diartikan dengan agama dan pada akhirnya syariat ditunjukkan khusus untuk praktik agama. Penunjuk ini dimaksudkan untuk membedakan antara agama dan syariah. Pada akhirnya, agama itu satu dan berlaku secara universal, sedangkan syariah berbeda antara umat yang satu dengan umat lainnya.

Sedangkan dalam perkembangan selanjutnya, kata syariah digunakan untuk menunjukkan hukum-hukum Islam, baik yang ditetapkan langsung oleh Alquran dan Sunnah, maupun yang telah dicampuri pemikiran manusia (ijtihad).

Penerapan syariah telah menyentuh banyak aspek kehidupan manusia salah satunya dalam aspek ekonomi dalam bidang perbankan. Lebih jauh berikut ini informasi mengenai syariah adalah perintah Allah, lengkap dengan penerapannya dalam dunia perbankan telah dirangkum dari Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: Pengertian Syariah Menurut Para Ahli...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami