Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya, Ketahui Penyebab Diamalkannya

Tata Cara Sujud Sahwi dan Bacaannya, Ketahui Penyebab Diamalkannya
ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com
JABAR | 22 Oktober 2020 15:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Salah satu kewajiban seorang muslim yaitu menegakkan ibadah salat lima waktu. Dalam proses mengerjakannya, tidak boleh asal tahu gerakannya saja, melainkan dikerjakan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Namun yang namanya manusia, tak jarang lupa dengan apa yang dikerjakannya. Begitu juga ketika sedang salat. Anda mungkin pernah lupa tentang rakaat yang dikerjakan saat sedang salat, apakah kelebihan atau justru kurang. Bahkan Rasulullah SAW pun juga pernah mengalaminya.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah shalat bersama kami lima raka’at. Kami pun mengatakan, “Wahai Rasulullah, apakah engkau menambah dalam salat?” Lalu beliau pun mengatakan, “Memang ada apa tadi?” Para sahabat pun menjawab, “Engkau telah mengerjakan salat lima raka’at.” Lantas beliau bersabda, “Sesungguhnya aku hanyalah manusia semisal kalian. Aku bisa memiliki ingatan yang baik sebagaimana kalian. Begitu pula aku bisa lupa sebagaimana kalian pun demikian.” Setelah itu beliau melakukan dua kali sujud sahwi.” (HR. Muslim).

Sujud sahwi dilakukan untuk menutupi kesalahan ketika sedang salat. Masih ada perbedaan pendapat di antara para ulama terkait hukum dari sujud ini, apakah wajib atau sunnah. Namun, pendapat yang lebih kuat mengarah ke wajib. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai sujud ini, berikut telah kami tata cara sujud sahwi beserta sebab-sebab sujud sahwi ini dikerjakan:

Baca Selanjutnya: Tata Cara Sujud Sahwi...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami