Tujuan Analisis Laporan Keuangan dalam Suatu Bisnis, Ketahui Fungsi dan Jenisnya

Tujuan Analisis Laporan Keuangan dalam Suatu Bisnis, Ketahui Fungsi dan Jenisnya
JABAR | 9 Oktober 2020 14:00 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Dalam menjalankan sebuah bisnis atau usaha, penting untuk selalu membuat laporan keuangan. Karena nantinya, analisa laporan keuangan ini dapat menunjukkan bagaimana kinerja bisnis di masa lalu. Dengan informasi tersebut, kita juga bisa menentukan keputusan apa yang harus diambil untuk masa yang akan datang.

Dilansir dari investopedia.com, analisis laporan keuangan adalah proses menganalisis laporan keuangan perusahaan untuk tujuan pengambilan keputusan. Bagi pihak eksternal, analisis laporan keuangan ini dapat digunakan untuk memahami kondisi kesehatan perusahaan atau bisnis secara keseluruhan serta untuk mengevaluasi kinerja keuangan dan nilai bisnis. Sedangkan pihak internal menggunakannya sebagai alat pemantauan untuk mengelola keuangan.

Lebih luas lagi, fungsi dari analisis keuangan ini juga dapat digunakan jika seseorang ingin melakukan investasi saham pada sebuah perusahaan, menentukan besaran pajak, menentukan tingkat kerusakan perusahaan, sebagai bahan evaluasi, dan lain-lainnya.

Untuk pembahasan lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai tujuan analisis laporan keuangan beserta jenis dan fungsinya.

Baca Selanjutnya: Tujuan Analisis Laporan Keuangan...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami