Tujuan Audit Laporan Keuangan, Berikut Jenis dan Tahapannya

Tujuan Audit Laporan Keuangan, Berikut Jenis dan Tahapannya
JABAR | 27 September 2020 10:00 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Setiap perusahaan didirikan dengan tujuan utama untuk memperoleh laba di samping beberapa tujuan lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka semua tahapan kegiatan yang hendak dilaksanakan harus direncanakan terlebih dahulu.

Tak hanya itu, semua tahapan kegiatan tersebut juga perlu dianalisis dan diteliti secara seksama oleh mereka yang berkompeten. Semakin besar suatu perusahaan, maka persoalan yang dihadapi perusahaan juga cenderung semakin rumit dan tanggung jawab yang dipikul oleh manajemen juga semakin besar.

Salah satu alat bantu dalam melaksanakan fungsi utama manajemen adalah fungsi pengawasan dan pengendalian adalah aktivitas audit. Tujuan audit sendiri adalah untuk menyatakan pendapat tentang kewajiban, dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, perubahan, ekuitas, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Berikut informasi mengenai tujuan audit laporan keuangan, berikut jenis dan tahapannya telah dirangkum merdeka.com melalui jurnal.id dan eprints.polsri.ac.id.

Baca Selanjutnya: Pengertian Audit Menurut Para Ahli...

Halaman

(mdk/nof)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami