Tujuan Kongres Pemuda I, Sejarah dalam Usaha Mempersatukan Pemuda Indonesia

Tujuan Kongres Pemuda I, Sejarah dalam Usaha Mempersatukan Pemuda Indonesia
JABAR | 21 Juli 2020 19:14 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Di bangku sekolah, kita telah belajar tentang bagaimana sejarah Indonesia ketika sedang berada di bawah kekuasaan Belanda. Pelajaran sejarah tersebut juga menyinggung soal bagaimana gerakan pemuda Indonesia dalam keterlibatannya memajukan bangsa.

Salah satu gerakan pemuda yang terkenal adalah Kongres Pemuda. Kongres ini diadakan dua kali di tempat yang sama, yaitu Jakarta. Tujuan Kongres Pemuda I ini adalah sebagai upaya para pemuda untuk bersatu. Selain itu tujuan Kongres Pemuda I ini juga sebagai keterlibatan pemuda dalam memajukan bangsa.

Pelaksanaan kongres ini sendiri butuh perjuangan. Karena dalam kongres ini, berbagai organisasi pemuda dengan latar belakang yang berbeda-beda berusaha disatukan di tempat yang sama.

Kemudian pada 15 November 1925, organisasi-organisasi pemuda akhirnya bisa berkumpul dan menyepakati dibentuknya panitia untuk mempersiapkan kesepakatan besar pemuda dan untuk mencapai tujuan Kongres Pemuda I. Kesepakatan besar bersama dari para pemuda ini memunculkan paham persatuan kebangsaan dan berusaha merekatkan tali persatuan di antara organisasi pemuda.

Untuk menyegarkan kembali ingatan Anda tentang sejarah Kongres Pemuda I ini, berikut ini merdeka.com telah merangkum dari berbagai sumber, tujuan Kongres Pemuda I beserta penjelasan lainnya.

Baca Selanjutnya: Kongres Pemuda I...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami