Upacara Saraswati di Pura Cimahi

Upacara Saraswati di Pura Cimahi
Hari Raya Saraswati. ©2021 Merdeka.com
JABAR | 10 Februari 2021 15:00 Reporter : Nisa Sari

Merdeka.com - Upacara Hari Raya Saraswati merupakan upacara hari suci bagi agama Hindu. Saraswati merupakan hari raya untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa dalam kekuatannya menciptakan ilmu pengetahuan dan ilmu kesucian.

Hari Raya Saraswati dilaksanakan setiap 6 bulan sekali atau 210 hari sekali, yaitu pada hari Sabtu Umanis Wuku Watugunung. Upacara Hari Raya Saraswati dilakukan dengan memuja Sang Hyang Widhi Wasa dengan pembacaan dan renungan isi ajaran pustaka.

hari raya saraswati
©2021 Merdeka.com

Pada pelaksanaan upacara Saraswati terbagi dalam tiga tahap, yaitu tahap pra upacara, upacara inti dan upacara penutupan.

Di atas, umat Hindu sedang membawa persembahan di Pura Agung Wira Loka Natha saat upacara Saraswati di Cimahi, Jawa Barat, Sabtu (7/12/2019) lalu.

hari raya saraswati
©2021 Merdeka.com

Hari Raya Saraswati diartikan sebagai turunnya ilmu pengetahuan. Melansir dari merdeka.com, Mangku Widya mengatakan bahwa di hari Saraswati selalu identik sebagai harinya para pelajar.

hari raya saraswati
©2021 Merdeka.com

Dalam kepercayaan umat Hindu, Hari Raya Saraswati dimaknai sebagai turunnya ilmu pengetahuan yang suci pada manusia untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan peradaban yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali.

Mangku juga menjelaskan bahwa di Hari Saraswati juga disimboliskan sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan berdasarkan pada kisah sang Watugunung.

hari raya saraswati
©2021 Merdeka.com

Kisah raja yang tidak pernah ada hentinya menuntut ilmu, bahkan tak pernah puas menuntut ilmu. Hingga mendapat pencerahan ilmu pengetahuan tertinggi dari sang Aji Saraswati.

(mdk/nis)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami