Uya Kuya Jual Masker Murah Rp 2 Ribu Dikira Menimbun, Ini Klarifikasinya

Uya Kuya Jual Masker Murah Rp 2 Ribu Dikira Menimbun, Ini Klarifikasinya
JABAR | 1 April 2020 16:06 Reporter : Miftahul Arifin

Merdeka.com - Nama Surya Utama Uya atau yang lebih di dikenal Uya Kuya, baru-baru ini sempat membuat heboh dunia maya. Pasalnya ada pemberitaan bahwa ayah dari dua anak ini sempat menjual masker seharga 2.000 rupiah padahal saat ini indonesia tengah di landa pandemik virus corona.

Dalam sebuah video di saluran YouTube Trans7 Official dengan tajuk 'Deddy Corbuzier Gerebek Uya Kuya Soal Penjualan Masker Rp2.000 - Hitam Putih', yang tayang 30 Maret 2020 lalu, Uya Kuya memberikan klarifikasi terkait pemberitaan tersebut.

1 dari 3 halaman

1. Klarifikasi Astrid

deddy

YouTube Trans7 Official 2020 Merdeka.com

Sebelumnya dalam acara Hitam Putih yang di pandu oleh Deddy Corbuzier, Deddy sempat mewawancarai istri dan anak Uya kuya, Astrid Khairunisha dan Cinta Kuya terkait penjualan masker.

"Ada berita keluar Uya Kuya menjual masker dengan harga dua ribu, kenapa di jual?" tanya Deddy dalam video tersebut.

"Jadi gini masalahnya, waktu itu gue udah kasih gratis, sempet memberikan gratis satu bulan sebelum bulan Maret ini, bulan-bulan Februari tengah, itu awal mulai heboh hebohnya kan, awal-awal mulai heboh, dan gue itu memberikan secara gratis, karena saat itu gue liat ke rumah sakit, banyak banget yang gak bisa pakek masker, padahal waktu ke rumah sakit itu merupakan hal yang paling penting, gak hanya korona aja ya tapi kayak virus-virus yang lain segala macem, pas sampe rumah sakit kok sampe suster sendiri kok gak pakek gitu lo. "jawab Astrid

"Karna apa itu? " tanya Deddy lagi.

"Karenah habis ahirnya gue bagi gratis, tapi pas bagi gratis tiba-tiba kok gue sedikit curiga, orang ini kok dateng lagi terus kok ada bawa anaknya atau apa, akhirnya diikuti sama asisten gue, ternyata di situ ada pengepulnya di jual lagi, jadi dia dapet gratis dari gue berapa banyak, orang itu langsung di kasih ke pengepulnya di jadiin uang" jelas Astrid.

2 dari 3 halaman

2. Deddy Tidak Percaya Klarifikasi Astrid dan Menemui Uya Kuya

deddy corbuzier

YouTube Trans7 Official 2020 Merdeka.com

Namun Deddy tidak percaya begtu saja dengan penjelasan Astrid mengenai penjualan masker yang di ceritakan oleh istri Uya Kuya. Akhirnya Deddy meminta penjelasan Uya Kuya secara langsung.

"Tapi mohon maaf saya tidak percaya dengan kata-kata anda" ucap Deddy.

3 dari 3 halaman

3. Penjelasan Uya Kuya

deddy corbuzier

YouTube Trans7 Official 2020 Merdeka.com

Saat ditemu Deddy, Uya Kuya pun memberikan klarifikasi. Ia mengakui bahwa masker yang dimilikinya memang sudah dibeli sejak tahun lalu.

Menurut pengakuan Uya, dia sempat membagikan masker secara gratis namun disalah gunakan bantuan yang dia berikan

"Uya Kuya jam nya baru dari mana? Jualan masker. Anda penimbun masker, itu diberita-berita Uya Kuya menjual masker Rp 2.000," kata Deddy.

"Gua udah jelasin ke mas Deddy, Mas Deddy gak percaya kenapa masker dijual Rp 2.000 karena banyak yang salah gunain waktu dikasih gratis. Dimanfaatin sama orang-orang lain," jelas Astrid.

"Gini gua bilangin ya, gua waktu itu punya stok masker, dari situ pas ulang tahun Cinta, gua bagiin beberapa masker gua. Gua sisihin ada yang buat keluarga gua, usaha gua, sama ada yang gua bagiin." ungkap Uya Kuya.

"Saat dibagiin ada yang datangnya mencurigakan, diikutin sama asisten gua, ternyata mereka ngumpul (masker dikumpulkan oleh orang-orang tak bertanggungjawab untuk diperbualbelikan lagi). Akhirnya kemarin awal-awal Maret gua kebetulan beli masker lagi Rp 350 ribu per box. Isinya 50, artinya 7.000 per pieces kenapa gua jual dengan harga 2000 modal gue 7000 gue jual 2000. Orang yang butuh ke gue, tapi gak gratisan. Maksimum dua pieces. Kalau enggak, dimanfaatin. Sekarang masih ada stok satu setengah box buat keluarga gue," jelas Uya secara lengkap.

(mdk/mif)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5