Virus Corona Merebak, Perhatikan 5 Tips Ini Saat Isolasi Diri di Rumah

Virus Corona Merebak, Perhatikan 5 Tips Ini Saat Isolasi Diri di Rumah
JABAR | 26 Maret 2020 11:40 Reporter : Miftahul Arifin

Merdeka.com - Dilansir dari Liputan6.com, setelah virus Corona merebak ke seluruh penjuru negara termasuk Indonesia, WHO selaku lembaga yang mengurusi kesehatan dunia telah menaikkan status virus ini menjadi pandemik.

Pemerintah Indonesia baru-baru ini telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar bisa mengurangi kegiatan di luar rumah, baik kegiatan beribadah, bekerja, dan belajar. Langkah ini diambil pemerintah untuk mengurangi atau menekan jumlah orang terpapar virus Corona.

Hingga saat ini jumlah korban yang ditimbulkan oleh wabah virus ini terus meningkat dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Untuk membantu penurunan wabah virus Corona, perlu dilakukan isolasi di rumah. Hal ini berguna untuk menekan penyebaran virus semakin meluas.

Berikut beberapa tips saat isolasi diri di rumah agar terhindar dari virus Corona yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020).

1 dari 5 halaman

1. Cuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

ilustrasi cuci tangan

Pixabay

Salah satu cara mencegah virus Corona dengan menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir setidaknya selama 20 detik. Langkah ini harus tetap dilakukan meskipun kita tengah mengisolasi diri. secara mandiri di rumah

2 dari 5 halaman

2. Siapkan Obat-obatan dan Stok Makanan di Rumah

supermarket di hong kong kehabisan stok makanan

Mun Ng/CNN

Persiapkan kebutuhan makanan secukupnya selama proses mengisolasi diri dan lengkapi kebutuhan obat-obatan yang di butuhkan di kotak P3K. Setidaknya di rumah tersedia beberapa obat yang perlu disiapkan seperti obat penghilang rasa nyeri dan penurun demam. Sebab, obat-obatan tersebut dinilai bisa meredakan gejala ringan COVID-19.

3 dari 5 halaman

3. Bersihkan Rumah

ilustrasi rumah

chicagowindowpros.com


Hal terpenting lainnya adalah selalu membersihkan rumah jika perlu dilakukan penyemprotan menggunakan disinfektan untuk menghindari virus atau bakteri yang terbawa dari luar rumah.

Rumah yang bersih sudah pasti tidak akan menjadi sarang bakteri, virus dan tidak akan menjadi sumber penyakit. Selain itu kegiatan membersihkan rumah bisa menjadi salah satu kegiatan mengusir rasa bosan kala berada di rumah.

4 dari 5 halaman

4. Update Informasi Terkait COVID-19

ilustrasi virus

Shutterstock/Alexander Raths


Meski berada di rumah mengisolasi diri secara mandiri, pastikan untuk selalu mendapatkan informasi atau berita terbaru terkait perkembangan virus Corona. Berita terkait virus Corona bisa didapat melalui televisi atau media sosial laiannya.

Langkah tersebut dapat menambah wawasan dan membuat setiap orang menjadi lebih waspada. Perlu diingat jika mendapatkan kabar soal Corona perlu menilik lebih dalam agar tidak termakan berita palsu atau hoaks.

5 dari 5 halaman

5. Hubungi Dokter Jika Dibutuhkan

002 tantri setyorini

2015 Merdeka.com/The Richest/Shutterstock


Hal penting lain ketika isolasi di rumah adalah bertanya dan menghubungi dokter jika mengalami gejala mirip Corona. Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto membeberkan beberapa ciri-ciri dari gejala virus corona.

Salah satunya yakni dimulai dari batuk. Dengan batuk, lalu tubuh akan merasakan demam, flu, hingga kesulitan bernapas. Tak perlu langsung panik mengunjungi rumah sakit, ada perlunya untuk menghubungi dokter yang telah dikenal atau mengunduh aplikasi kesehatan terpercaya.

Meski hanya gejala ringan yang dirasakan, jika memang mengarah ke COVID-19 lebih baik segera konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan penanganan lebih cepat.

(mdk/mif)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami