Waktu Sholat Dhuha yang Dianjurkan, Berikut Doa dan Keutamaannya

Waktu Sholat Dhuha yang Dianjurkan, Berikut Doa dan Keutamaannya
ilustrasi sholat dhuha. ©2020 Merdeka.com
JABAR | 8 April 2021 15:45 Reporter : Andre Kurniawan

Merdeka.com - Salah satu ibadah utama yang wajib dilakukan oleh seorang muslim adalah sholat 5 waktu, yaitu subuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan isya’. Sholat 5 waktu ini sangat penting untuk dijaga dan akan berbahaya apabila sampai ditinggalkan.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim).

Selain ibadah sholat wajib 5 waktu, kita juga bisa mengerjakan ibadah sholat sunnah sebagai tambahan amalan. Ibadah sholat sunnah ini boleh dikerjakan dan boleh juga tidak. Jika dikerjakan akan mendapat kebaikan, dan jika dilewatkan tidak akan berdosa. Tapi tentunya akan sayang jika kita melewatkan kesempatan untuk menambah pahala melalui ibadah sunnah ini.

Ini karena setiap sholat sunnah memiliki manfaat dan keutamaan tersendiri bagi manusia. Dan salah satu ibadah sholat sunnah yang manfaat yang luar biasa adalah sholat dhuha.

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikerjakan minimal dua rakaat pada waktu di mana ketika matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta sejak terbit, sampai waktu zuhur tiba. Namun, waktu sholat dhuha ini terkadang masih membuat beberapa orang bingung.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui waktu sholat dhuha yang benar agar dapat lebih termotivasi dan optimal dalam menjalankan ibadah sunnah ini. Berikut ini akan kami sampaikan penjelasan mengenai waktu sholat dhuha beserta dengan doa yang bisa dipanjatkan setelah selesai sholat dan juga keutamaannya.

Baca Selanjutnya: Waktu Sholat Dhuha...

Halaman

(mdk/ank)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami