Sempat Dituding Hoax, Ridwan Kamil Ungkap Pengalaman Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Sempat Dituding Hoax, Ridwan Kamil Ungkap Pengalaman Jadi Relawan Vaksin Covid-19
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com/Aksara Bebey
JABAR | 11 Oktober 2020 15:41 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menceritakan pengalamannya selama menjadi relawan vaksin Covid-19. Ia bersama 1.619 orang lainnya berhasil melewati tahap demi tahap rangkaian penyuntikan vaksin yang diproduksi perusahaan asal China yaitu Sinovac.

Kendati demikian, gubernur yang kerap disapa Kang Emil ini meyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang telah disuntikkan sebagai tiga kali itu dirasa aman. Selain itu, vaksin juga tidak menimbulkan reaksi apapun. Uji klinis vaksin yang juga turut disaksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telahdilaksanakan di Unpad melalui tiga tahap fase uji klinis.

"Tahap satu vaksin disuntikkan pada relawan yang jumlahnya dibawah 100 orang. Tahap dua, disuntikkan pada relawan dengan jumlah antar 100 hingga 1000 orang. Dan tahap tiga untuk relawan di atas 1000 orang dan tepatnya 1.620 relawan," katanya dalam wawancara yang dilakukan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Brotoasmoro, yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (9/10) lalu.

Baca Selanjutnya: Melewati 5 Tahapan...

Halaman

(mdk/nrd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami