12 Kali Beraksi, Penipu Cari Target lewat Aplikasi Online Ditangkap di Cilandak

12 Kali Beraksi, Penipu Cari Target lewat Aplikasi Online Ditangkap di Cilandak
JAKARTA | 18 Mei 2020 20:00 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polres Metro Jakarta Selatan telah mengamankan satu pelaku kasus penipuan dengan membawa kabur motor milik sang korban. Pelaku diketahui atas nama inisial AF (27) yang diamankan di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan oleh Unit Reskrim Polsek Cilandak.

Kapolsek Cilandak Kompol Mardson Marbun mengatakan, tersangka dapat diamankan oleh pihaknya usai melakukan aksi penipuan terhadap salah satu korban di rumah sakit yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

"Kronologis kejadian adalah korban berkenalan dengan tersangka melalui aplikasi chatting online. Selanjutnya mereka bertemu dan tersangka mengajak korban menjenguk keluarganya di rumah sakit di daerah Cilandak dengan mengendarai sepeda motor milik korban," kata Marbun, Jakarta, Senin (18/5).

Sesampainya di rumah sakit, tersangka langsung mengajak korban masuk ke dalam Instalasi Gawat Darurat (IGD) setelah kendaraan milik korban sudah diparkirkan terlebih dahulu.

"Kemudian tersangka meninggalkan korban untuk masuk ke ruang IGD dan meminta korban menunggu saja di lobby. Namun setelah lama ditunggu oleh korban, tersangka tidak kunjung kembali," jelasnya.

Berdasarkan pemeriksaan penyidik kepada tersangka, AF mengaku sudah melancarkan aksinya itu sebanyak 12 kali di kawasan Jakarta Selatan.

"Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa tersangka telah melakukan aksi kejahatannya sebanyak kurang lebih 12 kali dalam periode Desember 2018 sampai April 2020 di daerah Cilandak, Pasar Minggu dan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan," sebutnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. "Untuk barang bukti yang diamankan satu unit motor warna silver, satu unit motor warna cream, sstu unit motor, dua buah kaleng plat dan satu unit handphone warna hitam," tutupnya. (mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami