121 Pengendara Diputar Balik di Hari Pertama Penerapan Ganjil Genap

121 Pengendara Diputar Balik di Hari Pertama Penerapan Ganjil Genap
JAKARTA | 4 Agustus 2020 18:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - 1.195 Pengendara melakukan pelanggaran di hari pertama penerapan aturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan ibu kota. Jumlah pelanggar tersebut merupakan data kumulatif berdasarkan pengawasan Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya.

"Dinas Perhubungan DKI telah mencatat sebanyak 826 kendaraan melakukan pelanggaran ganjil genap," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Selasa (4/8).

Syafrin mengatakan, jumlah tersebut terdiri dari 121 kendaraan melanggar diminta putar balik dan 705 kendaraan mendapatkan teguran. Sedangkan 369 pengendara yang melanggar berdasarkan data dari Ditlantas Polda Metro Jaya ditegur. Secara keseluruhan ada 1.195 melakukan pelanggaran.

"Sebanyak 369 kendaraan melakukan pelanggaran dan mendapat teguran atau imbauan," kata dia.

Diketahui, kebijakan pembatasan kendaraan bermotor sesuai pelat nomor ganjil genap kembali diberlakukan di Jakarta mulai Senin (3/8) kemarin. Hari pertama ganjil genap diberlakukan di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota diwarnai dengan pelanggaran.

Sejumlah kendaraan kedapatan melanggar aturan dengan masih menggunakan pelat mobil genap di tanggal ganjil. Meski begitu, hari pertama mulai diberlakukannya ganjil genap ini belum ada sanksi tilang yang diberikan kepada para pengendara.

saat ini masih tahap sosialisasi penerapan kembali ganjil genap yang akan berlangsung selama tiga hari atau hingga Rabu, 5 Agustus 2020. Namun mulai Kamis, 6 Agustus 2020, sanksi tilang akan diberikan kepada pelanggar aturan ganjil genap.

Reporter: Ika Defianti (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami