1.500 Ekor Sapi Telah Dipesan Warga Jakarta Untuk Idul Adha

JAKARTA | 9 Juli 2019 09:02 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepala Divisi Pemasaran PD Dharma Jaya Syaiful Anwar mengatakan, stok hewan kurban seperti sapi, domba, dan kambing terpantau aman jelang hari besar Idul Adha 1440H.

Untuk harga, dia mengungkapkan, sejauh ini masih stabil dan bersaing. Harga sapi jenis Sumba, Rote dan Bali berdasarkan berat hidup misalnya, berat hidup 300 kilogram dihargai Rp18 juta.

"Stoknya sejauh ini aman. Bisa kita proyeksikan untuk memenuhi, baik dari kuantitinya maupun menstabilkan dari sisi harga," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (9/7).

Permintaan dari konsumen pun sudah tercatat mencapai angka 1.500 ekor sapi telah dipesan. Dan pesanan hewan kurban, dia memprediksi, akan terus bertambah seiring dengan semakin dekatnya Idul Adha yang akan jatuh di tanggal 11 Agustus mendatang.

Lonjakan permintaan, lanjut Syaiful, memiliki tren yang sama dari tahun ke tahun. Biasanya, lonjakan tersebut terjadi di satu minggu sebelum perayaan Idul Adha berlangsung.

"Masyarakat pola belinya itu biasanya di H-7 atau H-5. Peak (puncak) permintaannya ada di situ. Satu pekan mendekati hari H itu bisa mencapai 2.000 ekor hewan kurban yang dipesan," jelasnya.

Guna mengatasi lonjakan permintaan tersebut, dia mengaku, telah bekerja sama dengan pedagang maupun peternak agar permintaan tersebut dapat terpenuhi.

"Kalau ada permintaan naik kita telepon untuk diambilkan. Dari peternak mana yang belum laku, nanti kita ambil," tutupnya.

Baca juga:
Sebanyak 526 hewan produktif dijadikan kurban
Rayakan Idul Adha, PT Well Harvest Winning Alumina sumbang 22 hewan kurban
Kerbau kurban ngamuk masuk dalam rumah, tiga orang terluka
Konsep Menyama Braya dan bentuk nyata toleransi saat perayaan Idul Adha di Bali
Jokowi serahkan dua ekor sapi kurban ke PP Muhammadiyah
Tradisi celup tinta saat pembagian daging kurban di Masjid Kauman Semarang

(mdk/fik)