2 Bulan Kekeringan Air, Warga Jaktim Terpaksa Beli Air Isi Ulang

JAKARTA | 22 November 2019 15:00 Reporter : Abyan Ghafara Andayarie

Merdeka.com - Musim kemarau panjang yang melanda beberapa wilayah di Jakarta membuat warga RW 06 Kelurahan Munjul, Jakarta Timur harus mengeluarkan uang lebih. Mereka terpaksa membeli air isi ulang untuk keperluan sehari-hari.

Syamsuri, Ketua RT 03/06, Kelurahan Munjul, mengatakan sudah 2 bulan warganya mengalami krisis air bersih. Ia juga mengungkap terdapat 3 RT yang mengalami krisis air.

"Di sini ada 3 RT yang krisis air, RT 01, RT 02, RT 03. RT 02 paling lama, udah 6 bulan. Kalo RT 03 dari 2 bulan lalu krisis air," kata Syamsuri saat ditemui di Balai Warga RW 06, Kelurahan Munjul, Jakarta Timur.

Syamsuri mengatakan, sebelum bantuan air dari Pemerintah datang, warga RT 03 saling membantu satu sama lainnya kepada yang mengalami krisis air.

"Sebulan pertama sebelum ada bantuan dari pemerintah, warga yang masih ada air bersih saling membantu warga lainnya. Tapi kan air warga yang masih ada itu juga lama-lama habis," ujarnya.

Dia menambahkan setelah memasuki bulan kedua krisis air, pemerintah baru memberikan bantuan kepada warga RW 06. "Masuk bulan kedua, baru ada bantuan.

Warga menilai kualitas air kiriman kurang bagus dan warga hanya menggunakan untuk keperluan MCK. "Air kiriman cuma dipake buat MCK aja, karena airnya bau kaporit dan enggak mungkin dipakai buat memasak," ujarnya.

Untuk keperluan minum dan memasak, warga setempat terpaksa membeli air isi ulang Rp 5.000 per galon. "Kalo buat masak ya warga lebih milih beli air isi ulang. Sehari aja bisa 4 sampai 5 galon," tutup Syamsuri.

Baca juga:
Memantau Pembuatan Sumur Resapan di Monas
Menimba Sisa-Sisa Air dari Sumur yang Mulai Mengering
Krisis Air Bersih, Warga Cipayung Andalkan Bantuan Pemprov DKI
Kekurangan Air Bersih, Warga Sukaraya Bekasi MCK di Sungai Tercemar Pabrik
Kemarau Panjang, Debit Mata Air PDAM Purbalingga Alami Penurunan 40 Persen
Distribusi Air Bersih Terkendala, 95 Desa di Purbalingga Darurat Kekeringan

(mdk/bal)