22 Juli, Pansus Agendakan Paripurna Wakil Gubernur DKI

JAKARTA | 18 Juni 2019 17:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Panitia Khusus (Pansus) pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta akhirnya mengagendakan rapat paripurna. Rapat perdana dan kedua akan digelar bersamaan 22 Juli mendatang.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, saat ini masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki pada mekanisme pola pemilihan.

"Nah mereka (pansus) besok mungkin ada kunker lagi ke Semarang setelah itu melaporkan lagi, ya kita laksanakan di bulan Juli nanti," tutur Prasetyo di DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/6).

Prasetyo menjelaskan, saat ini calon yang dimajukan sebagai wagub adalah Ahmad Syaikhu dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Agung Yulianto dari Fraksi Partai Gerindra. Kedua calon akan dihadirkan langsung di dalam rapat.

Rapat ini akan membahas tata tertib pemilihan juga akan dirampungkan. Selanjutnya,menentukan diterima atau tidaknya kedua kandidat.

"Cara pemilihannya, pola pemilihannya, nanti kuorum dan tidak kuorum itu bagaimana nanti di situlah, nanti pesertanya ada yang hadir dan nggak hadir nah itu akan terjadi di situ," dia mengakhiri.

Terpisah, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi menjelaskan, proses pemilihan sebenarnya hanya perlu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) yang sudah ada. Tata tertib pemilihan juga harus didasarkan pada yang sudah ada sebelumnya.

"Ini kan proses, panja (panitia kerja) itu tugasnya adalah memilih dari yang sudah ditetapkan 2 orang itu. Itu kan ada PP-nya kita ngikutin PP itu. Jadi tidak boleh panja itu menganulir kira-kira apa yang ditetapkan oleh PP," tuturnya.

"Kecuali ada misalnya ada halangan tetap berarti kan harus diganti. Diganti itu berarti kepada partai pengusung, gitu," lanjutnya.

Reporter: Ratu Annisa Suryasumirat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pansus Wagub DKI akan Kunker ke 2 Provinsi untuk Rumuskan Tata Tertib
Ahmad Syaikhu Tetap Pilih Cawagub DKI Sebelum Pelantikan Anggota DPR
Bila Lolos Ke Senayan, Ahmad Syaikhu Harus Pilih DPR atau Wagub DKI
Pansus Wagub DKI Pengganti Sandiaga Uno Rapat Perdana
Pansus Pemilihan Wagub DKI Mulai Bekerja Pekan Depan
Ahmad Syaikhu Harap Pemilihan Wagub DKI Jadi Prioritas Agar Beban Gubernur Tak Berat
Anies Baswedan Maklumi DPRD DKI Belum Bisa Pilih Wagub DKI

(mdk/lia)