250 Personel Gabungan Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Tanah Abang

250 Personel Gabungan Pantau Penerapan Protokol Kesehatan di Tanah Abang
JAKARTA | 18 Juni 2020 08:29 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Polda Metro Jaya menyiagakan 250 personel gabungan TNI-Polri untuk mengawal penerapan protokol kesehatan di Tanah Abang. Sesuai aturan dalam PSBB Transisi, pusat perbelanjaan diperbolehkan beroperasi kembali dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

"Di Tanah Abang sekitar 250 personel diturunkan, karena tingkat kerawanannya agak tinggi," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, saat ditemui di Polda Metro Jaya. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (18/6).

Sementara total personel gabungan yang akan dikerahkan untuk mengawal penerapan protokol kesehatan di masa PSBB transisi, lanjut Yusri, berjumlah sekitar 2.700 personel.

Personel tersebut, menurut dia, akan disebar di 243 pusat perbelanjaan yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dengan jumlah tersebut artinya akan ada sekitar kurang lebih 30 personel TNI-Polri di setiap pusat perbelanjaan dan mal.

"Jumlah personel bervariasi, setiap mal tidak sama. Tetapi rata-rata sekitar 30 personel, kecuali yang agak besar, lebih banyak, itu seperti kata Pak Kapolda," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah tutup hampir tiga bulan, Pasar Tanah Abang blok A yang kembali dibuka dengan pengetatan protokol kesehatan. Berdasarkan pantauan, dari lima pintu yang tersedia di lobi utama Pintu Timur hanya tiga pintu yang dibuka sebagai akses keluar-masuk.

Dua pintu dibuka sebagai akses masuk di bagian kanan dan kiri untuk mengurai kepadatan orang yang akan masuk. Sebelum masuk pengunjung diminta untuk mengantre dan wajib untuk mencuci tangan di wastafel yang tersedia di pintu-pintu masuk.

Usai mencuci tangan pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh dan dipastikan pengunjung yang boleh masuk harus bersuhu di bawah 38 derajat celsius. Beberapa pengunjung pasar tampak menggunakan proteksi tambahan seperti faceshield saat memasuki area Pasar Tanah Abang nonpangan itu.

Selain petugas dari Perumda Pasar Jaya, tampak juga dari TNI yang ikut membantu menegakkan protokol kesehatan sebelum memasuki kawasan Pasar Tanah Abang blok A. Beberapa orang yang menurunkan masker ditegur petugas agar segera memperbaiki posisi maskernya sehingga menutupi hidung dan mulut.

Ganjil-genap toko juga telah diberlakukan dan diikuti oleh para pedagang dengan cukup baik. Selain blok A, Pasar Tanah Abang lainnya Blok B dan F turut dibuka.

"Pasar yang kami miliki (kelola), buka semuanya. Jadi blok-blok A, B, F dan G kita buka semua," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi Liputan6.com, Senin (15/6). (mdk/lia)

Baca juga:
129 Lokasi Pariwisata dan Hiburan di Jakarta Lakukan Pelanggaran Selama PSBB
Pemprov DKI Beberkan Alasan Tempat Hiburan Belum Buka di Masa PSBB Transisi
Sanksi Bagi Pelanggar PSBB di Jakarta
Langgar Protokol Kesehatan, Operator Transportasi Bakal Kena Denda
Pengguna Transportasi Umum Menuju Jakarta Tetap Harus Kantongi SIKM
DKI Ingatkan Warga Non KTP Jabodetabek Wajib Urus SIKM
Anies: Satu Minggu Ini Tak Ada Tanda yang Menunjukkan Kita Akan Kembali ke PSBB

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menolak Bahaya Lebih Baik Daripada Mengejar Manfaat

5