4 Simpatisan Rizieq Diciduk Polres Jaktim Reaktif Covid-19

4 Simpatisan Rizieq Diciduk Polres Jaktim Reaktif Covid-19
Datang ke Pengadilan Jelang Sidang Vonis, Puluhan Simpatisan Rizieq Diamankan. ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 24 Juni 2021 16:01 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Aparat kepolisian telah mengamankan ratusan massa diduga sebagai simpatisan Habib Rizieq Syihab. Mereka diamankan, karena hendak memaksa untuk datang ke sidang kasus tes swab RS Ummi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (24/6) hari ini.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan menyampaikan jika pihaknya sampai dengan saat ini tercatat telah mengamankan sebanyak 277 orang.

Adapun sebagian yang digelandang ke Mapolrestro Jakarta Timur sebanyak 152 orang, lalu sekitar 100 orang di Mapolda Metro Jaya, dan 21 orang di Mapolsek Cakung.

"Yang diamankan adalah yang tadi malam, dini hari, sampai tadi pagi jam 09.00 Wib. Itu ada 152 di Polres sisanya ada 100 lebih di Polda, dan ada 21 di Polsek Cakung," kata Erwin saat ditemui wartawan di Fly Over Pondok Kopi.

Mereka yang diamankan polisi ternyata kedapatan membawa sejumlah senjata tajam hingga ketapel. Tak hanya itu, polisi juga langsung menggelar tes antigen dan menemukan sebanyak empat orang dari masa simpatisan dikonfirmasi reaktif Covid-19.

"Ini kami lihat ada yang bawa sajam dan ketapel satu orang, sebagian kita antigen, empat orang reaktif di Polres, ini masih kita coba cek, kami tangani bersama satgas Covid," ujarnya.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan merdeka.com, sekitar pukul 08.55 Wib puluhan simpatisan yang terdiri dari laki-laki dan perempuan telah diamankan aparat personel polisi yang berjaga di depan jalan pengadilan.

Para simpatisan yang datang menggunakan mobil tersebut, rata-rata menggunakan plat nomor kendaraan luar Jakarta. Pada saat diswipimg aparat pun terlihat mengecek seluruh bagian dalam mobil dan mengumpulkan mereka area parkir Gedung Balai Lelang Tribik.

Setidaknya selama operasi yang sudah dimulai sejak pagi terlihat sudah puluhan masa dan mobil simpatisan Rizieq diberhentikan personel gabungan ketika hendak melintas ke di jalan Dr. Sumarno, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Para simpatisan yang diamankan rencananya akan dibawa ke Polres Metro Jakarta Timur untuk dilakukan tes swab Covid-19 secara acak sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

"Rencananya semuanya akan dibawa ke Polda nanti," ujar salah satu petugas yang ditemui saat mengamankan simpatisan.

Sementara itu untuk pengamanan sendiri personel polisi pun telah menyiapkan sejumlah kendaraan taktis, mulai dari baracuda, mobil watercanon, sampai mobil raisa (pengurai masa) di depan pintu masuk PN Jakarta Timur.

Selain itu juga terlihat para polisi yang menerapkan penyekatan-penyekatan di sejumlah jalan menuju pengadilan, seperti di jalan sebelum fly over Pondok Kopi, di persimpangan jalan Dr Sumarmo, dan fly over Pulo Gebang baik di segala arah.

Sebelumnya, guna memastikan persidangan berjalan dengan lancar. Personel gabungan dari TNI bersama Polri turut disiagakan guna menjaga keamanan serta menjaga arus lalu lintas di sekitar pengadilan.

"Saya baru tau jumlahnya (personel yang disiagakan) saja. Tapi kan ini belum belum tau. Pengamanannya sama dengan kemarin lah," ucap Yusri saat dikonfirmasi Rabu (23/6).

Adapun jumlah personel gabungan yang disiagakan yakni berjumlah lebih dari 2.800 anggota. Jumlah tersebut, termasuk unsur baik dari Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya.

"Jumlah personelnya 2801 personel gabungan TNI-Polri semuanya," sebutnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Kemenkes Tingkatkan Kapasitas Rumah Sakit
Kemendagri Instruksikan Kepala Daerah Kirim Laporan PPKM Mikro per Satu Pekan
Kapolri Terbitkan e-Book Pedoman Penanganan Klaster Covid-19 dan PPKM Mikro
RSD Wisma Atlet Kini Khusus Pasien Covid-19 Gejala Sedang Hingga Berat
Tenda IGD RSUD Kota Bekasi Membludak, Pasien Terpaksa Diobservasi di Mobil Pikap
RS di Makassar Bersiap-siap Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami