49.483 Warga Ajukan SKIM Jakarta, 38.052 Ditolak

49.483 Warga Ajukan SKIM Jakarta, 38.052 Ditolak
JAKARTA | 3 Juni 2020 11:41 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Ratusan ribu warga meminta Surat Izin Keluar Masuk wilayah DKI Jakarta (SIKM). Namun hingga saat ini, baru 49.483 permohonan yang berhasil diajukan.

"Pengguna yang berhasil mengakses perizinan SIKM mencapai 630.825 dan tercatat 49.483 permohonan berhasil diajukan," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra dalam keterangan tertulis (3/6)

Dari total permohonan yang diterima tersebut, terdapat 4.524 permohonan yang masih dalam proses karena baru saja diajukan pemohon.

Permohonan yang telah dilakukan penelitian administrasi dan teknis didapatkan hasi verifikasi, hanya 8,6 persen dari total permohonan atau 4.265 permohonan SIKM, dinyatakan telah memenuhi persyaratan. Sementara 2.642 permohonan SIKM menunggu divalidasi penjamin.

"76,9 persen dari total permohonan atau 38.052 permohonan SIKM dinyatakan ditolak /Tidak disetujui," ujarnya.

Selain itu, Benni sangat menyayangkan masih banyaknya warga yang belum bijak dalam mengajukan perizinan SIKM. Ia menyebut pihaknya kerap menemukan permohonan yang tidak memenuhi aspek substansi perizinan SIKM.

"Misalnya warga yang mengajukan tidak sesuai ketentuan utama, yakni tidak bekerja di 11 sektor diizinkan dan juga warga Bodetabek yang mengajukan SIKM di wilayah DKI Jakarta," katanya.

Baca Selanjutnya: Alasan Penolakan...

Halaman

(mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami