50 Warteg di Jakarta Bagikan Makan Siang Gratis untuk Rakyat Kecil Terdampak Corona

50 Warteg di Jakarta Bagikan Makan Siang Gratis untuk Rakyat Kecil Terdampak Corona
JAKARTA | 27 Maret 2020 11:17 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Wabah virus Corona atau Covid-19 memukul perekonomian di sejumlah negara termasuk Indonesia. Warga kelas menengah bawah paling merasakan dampaknya.

Untuk membantu mereka, kelompok aksi cepat tanggap (ACT) bersama sejumlah pemilik warung tegal (warteg) di Jakarta membuat program menggratiskan menu makan siang.

"Kita ingin membantu atas dampak yang terjadi saat ini yakni adanya virus Corona dan pemerintahan membuat work from home. Jadi yang berpenghasilan harian seperti taksi online, ojek online, ojek pangkalan, tukang sayur, tukang gorengan, bajai, dan lain sebagainya, kita bantu mengurangi beban mereka dengan seperti ini. Namanya operasi makan gratis," kata GM Komunikasi ACT Lukman Azis Kurniawan saat dihubungi merdeka.com, Jumat (27/3)

Khusus hari ini, kata dia, ada 50 warteg yang berpartisipasi. Setiap warteg menyiapkan 100 porsi makan siang.

"Kita hanya makan siang, namun kita kembalikan warteg untuk mereka dermawan. Kalau mereka mau buat untuk sore atau malam silakan, kami berterimakasih. Mereka kasih diskon juga itu hak mereka. Dari kita 100 porsi, nilainya sekedar 15.000 per porsi," katanya.

layanan warteg gratis

Menurutnya, ACT menargetkan 1.000 warteg ikut serta pada program ini.

"Kita gandeng Warteg karena UMKM masyarakat kecil yang sasarannya juga masyarakat kecil. Kita akan upaya lakukan hingga kondisi stabil. Paling lambat Jumat depan ada 1.000 warteg," katanya.

Perihal anjuran pemerintah yang melarang melakukan aktivitas di tempat keramaian, Azis mengaku pihaknya juga melibatkan anggotanya untuk berjaga di lokasi sehingga jaga jarak tetap dilakukan.

"Syarat bagi Warteg yang bersedia menyelenggarakan program ini ada beberapa. Di antaranya izin dari kelurahan, RT dan RW serta aparat terkait, kedua SDM karyawan warteg bersedia mengatur pengunjung agar bisa penuhi social distancing nya. Jadi kita tidak sembarangan, jadi kita juga harus taati peraturan pemerintah," katanya.

layanan warteg gratis

Baca Selanjutnya: Berikut Lokasi Warteg yang Melayani...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami