530 dari 26.527 Perusahaan di Jaksel Terapkan Sistem Bekerja dari Rumah

530 dari 26.527 Perusahaan di Jaksel Terapkan Sistem Bekerja dari Rumah
JAKARTA | 8 April 2020 06:03 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Administrasi Jakarta Selatan mencatat sebanyak 530 perusahaan menerapkan sistem bekerja dari rumah. Sementara ada 26.527 perusahaan di wilayah Jakarta Selatan yang tercatat berdasarkan data Wajib Lapor atau Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1981 tentang Lapor Ketenagakerjaan di Perusahaan.

"Berdasarkan laporan dan hasil monitoring, perusahaan yang menerapkan WFH sampai dengan sore ini ada 530 perusahaan dengan pekerja 174.638 orang," kata Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Kota Jakarta Selatan, Sudrajat di Jakarta, Selasa (7/4).

Dari jumlah tersebut tercatat jumlah pekerja sebanyak 783.314 orang. Mayoritas perusahaan tersebut bergerak di sektor jasa dan yang paling dominan jasa keuangan serta retail.

Dia mengakui, belum semua perusahaan menerapkan bekerja dari rumah. Tapi pihaknya melakukan pengawasan dan monitoring, beberapa perusahaan yang tetap bekerja menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 selama masa tanggap darurat.

"Perusahaan yang menerapkan protokol kesehatan ada 48 dengan pekerja 7.970 orang," jelasnya seperti dilansir dari Antara.

Sudrajat mengatakan, pihaknya tidak dapat memberikan sanksi kepada perusahaan yang tidak menerapkan kebijakan bekerja di rumah. Alasannya karena seruan tersebut mengandalkan kesadaran masing-masing.

Namun, pihaknya melakukan monitoring kepada perusahaan yang tidak menerapkan bekerja dari rumah sembari terus mengimbau perusahaan untuk menjalankan seruan Gubernur DKI Jakarta yang telah dituangkan dalam Surat Edaran Disnakertrans Nomor 20/SE/2020 tentang Perpanjangan Imbauan Bekerja dari Rumah sampai dengan tanggal 19 April 2020.

"Tidak semua perusahaan bisa kita monitor, yang melapor saja yang kita monitor. Perusahaan yang tidak melakukan WFH harus melakukan protokol kesehatan," tutup Sudrajat. (mdk/fik)

Baca juga:
Kemendikbud Minta Kampus Bantu Pulsa Mahasiswa dan Dosen selama Kuliah Online
Pemprov DKI Perpanjang Kebijakan Kerja dari Rumah Hingga 19 April
Ada Kebijakan Kerja dari Rumah, Netflix Kalahkan Youtube Rajai Layanan Streaming
Penjualan Video Game Cetak Rekor saat Jutaan Orang Kerja dari Rumah
Ada Sistem Kerja dari Rumah, Konsumsi Listrik Rumah Tangga Melonjak
Tips Ampuh Kerja dari Rumah Tanpa Stres

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami