8 Kelurahan di Jakarta Barat Terdampak Banjir

8 Kelurahan di Jakarta Barat Terdampak Banjir
Banjir di Jakarta Barat. ©2020 Merdeka.com
JAKARTA | 22 Februari 2021 03:33 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko mengatakan delapan kelurahan terdampak banjir di wilayahnya. Kelurahan terdampak banjir, yakni Duri Kosambi, Rawa Buaya, Kedoya Selatan, Kedoya Utara, Kembangan Utara, Kembangan Selatan, Kebon Jeruk, Sukabumi Selatan dan Sukabumi Utara.

"Tidak semuanya terdampak parah, hanya beberapa RT dan RW saja," kata Yani di lokasi pengungsian, Kelurahan Kembangan Utara, Minggu (21/2).

Yani menjelaskan wilayah-wilayah itu dilalui beberapa sungai (kali) sehingga berdampak ekstrim untuk pemukiman warga. Sabtu (20/2) dini hari, pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan terjadi hujan deras di wilayah Jabodetabek. Hujan yang terjadi di wilayah Depok membawa limpasan air melalui wilayah Jakarta Selatan hingga Jakarta Barat.

Sejumlah kali seperti Pesangrahan, Sekretaris hingga Angke Hulu sudah berstatus Siaga I pada Sabtu dini hari. Selain itu, aliran Banjir Banal Barat (BKB) juga menambah limpasan air ke permukiman warga.

"Jika hujan lokal, kemungkinan besar tidak terjadi banjir," ujar dia. Dikutip Antara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan masih ada 17 Rukun Warga (RW) yang tergenang banjir akibat hujan lebat yang melanda Ibu Kota sejak Sabtu.

"Ada 17 RW yang masih tergenang dari kemarin sebanyak 113 RW. Jadi Alhamdulillah proses penyurutan terjadi dengan baik," kata Anies saat mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat.

Saat ini permukaan Sungai Ciliwung, Krukut, Sunter dan Pesanggrahan telah berada pada posisi normal. (mdk/gil)

Baca juga:
2 Hari Mengungsi di Sekolahan Akibat Banjir
Sempat Surut, Banjir Kembali Rendam Permukiman di Tanah Rendah
Anies Berkisah Keluarga Bagikan Makanan untuk Korban Banjir 'Dalam Senyap'
Djarot Sindir Penanganan Banjir: Pak Anies Harus Dibantu, Kerja 3 Tahun Tak Kelihatan
Akibat Longsor, Banjir di Kemang Timur Lambat Surut
6 RW di Kembangan Utara Banjir, Warga Mengungsi ke Kantor Kelurahan hingga RPTRA

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami