Ahok sedang bahas isi draf perpres pembangunan LRT, segera diteken

JAKARTA | 21 Agustus 2015 16:37 Reporter : Muchlisa Choiriah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan Pemprov DKI Jakarta akan menyerahkan susunan draf peraturan terkait pembangunan kereta api ringan/light rapid transit (LRT). Draf itu akan dimasukkan sebagai bahan penyusunan Peraturan Presiden (Perpres).

"Sudah ada drafnya, baru saja tadi diparaf per halaman untuk dimasukkan," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (21/8).

Ahok menjelaskan, Draft tersebut berisi tentang penunjukkan badan Usaha Milik Daerah untuk menggarap proyek LRT. "Isinya bahwa kami berhak menugaskan BUMD seperti pemerintah pusat menugaskan BUMN untuk membangun prasarana relnya. Pasalnya prasarana ini adalah milik negara. Nanti untuk operasionalnya baru dilelang," jelasnya.

Dalam pelelangan operasional LRT nantinya, kata Ahok, akan diserahkan ke Kementerian Perhubungan. Hal ini dilakukan agar semua operasional koridor terintegrasi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Abdul Hadi, mengatakan Pepres untuk pembangunan LRT akan keluar dalam waktu dekat. Setelah Perpres keluar pembangunan LRT akan segera dilakukan di DKI.

"Untuk LRT Perpres-nya nanti dalam 1-2 minggu ini keluar. Sudah positif sistemnya sesuai konsepnya yang digagas dari DKI," kata Hadi.

Hadi juga menjelasan, berdasarkan rapat di Kementerian Perekonomian pada kamis (20/8) kemarin, telah menghasilkan sistem yang sama, sehingga proyek LRT bisa salimg bersinergi, sehingga pusat dan DKI sama-sama jalan, tentunya dengan sistem terintegrasi dengan koordinasinya melalui Kemenhub.

"Nanti Adhi Karya di jalurnya, DKI ya di DKI," Jelasnya.

Hadi menambahkan, Pemprov DKI membutuhkan perpres untuk memulai membangun proyek LRT. Setelah perpres jadi, pembangunan pun akan segera dilakukan.

'Cegah' Adhi Karya garap LRT, Ahok pilih patungan APBD dan APBN

Kedekatan dengan Jokowi dimanfaatkan Ahok muluskan proyek LRT?

Soal LRT, Ahok pastikan ada titik semu siap dimatangkan dengan Menko

Pembahasan bagian ini yang buat Ahok dan para menteri debat soal LRT

Seskab: Presiden bakal terbitkan 2 perpres untuk LRT & kereta cepat

Ingin LRT digarap PT Jakpro, Ahok debat sengit dengan para menteri

Ratas soal LRT berlangsung sengit, Jokowi tinggalkan ruangan

(mdk/bal)