Anggaran Penanggulangan Banjir Jakarta Masih Usulan, Belum Ada Keputusan & Realisasi

Anggaran Penanggulangan Banjir Jakarta Masih Usulan, Belum Ada Keputusan & Realisasi
JAKARTA | 5 Agustus 2020 08:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengusulkan anggaran untuk pengendalian banjir senilai Rp 5 triliun. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nasruddin Djoko mengatakan, anggaran tersebut diperuntukkan untuk kegiatan dua tahun, 2020-2021.

Nasruddin merinci untuk kegiatan tahun 2020, anggaran pengendalian banjir yang diusulkan Dinas SDA sebesar Rp 1,7 triliun. Kemudian di tahun berikutnya, Rp 3,6 triliun.

Anggaran tersebut, dia menjelaskan, masih bersifat usulan, belum ada keputusan dan realisasi pencairan.

"Kalau program pengendalian banjir itu sebesar kurang lebih Rp 1,7 triliun di tahun 2020, lalu Rp 3,6 triliun pada tahun 2021. Sekitar segitu, sekali lagi ini usulan dan kita belum dikucurkan juga," kata Nasruddin, Rabu (5/8).

Usulan anggaran tersebut diajukan setelah Pemprov DKI mendapat pinjaman dari pemerintah pusat dengan total pinjaman Rp 12,5 triliun untuk periode 2020 dan 2021. Pinjaman akan dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi dan sektor yang menopang ekonomi dan kesehatan.

Dari anggaran tersebut, Nasruddin mengakui alokasi terbesar diperuntukkan kegiatan pengendalian banjir.

"Paling besar prioritasnya memang di pengendalian banjir, itu yang pertama," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Sekretaris Dinas SDA Dudi...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami