Anggota DPRD Fraksi PDIP Ragu Perkantoran Jadi Klaster Penularan Covid-19

Anggota DPRD Fraksi PDIP Ragu Perkantoran Jadi Klaster Penularan Covid-19
JAKARTA | 31 Juli 2020 17:00 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak ragu jika perkantoran menjadi klaster penularan Covid-19. Meski berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI terdapat 90 klaster Covid-19 di perkantoran dengan 459 kasus.

Mantan Wakil Ketua Regional South East Asia Regional Office International Agency for Prevention of Blindness WHO itu menjelaskan definisi klaster adalah tempat di mana seseorang saling menulari virus. Dan umumnya, penularan virus berasal dari komunitas, komunitas pasar tradisional atau pemukiman padat.

"Penularan di mana pun berasal dari komunitas, baik komunitas masyarakat di pasar tradisionil maupun di pemukiman padat dan strata sosial bawah, di sini yang tidak tertib bermasker. Jadi laporan yang mengatakan kantor banyak yang jadi klaster agak meragukan," ujar Gilbert, Jumat (31/7).

Prinsipnya, imbuh Gilbert, agar penularan virus Corona bisa diputus dengan cara disiplin memakai masker dan protokol kesehatan lainnya. Lebih lanjut, dia menuturkan perlu ada kalkulasi lebih lanjut untuk menentukan kebijakan pengurangan jumlah karyawan yang bekerja di kantor.

"Usulan karyawan 30 persen mungkin itu tergantung usahanya, bisa jalan tidak dengan jumlah segitu," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Dia mencontohkan saat ini pengawasan...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami